Habib Rizieq Shihab Imbau Masyarakat Awam Ikuti Saja Lebaran versi Pemerintah: Nggak Perlu Bingung!

Habib Rizieq Shihab Imbau Masyarakat Awam Ikuti Saja Lebaran versi Pemerintah: Nggak Perlu Bingung! Kredit Foto: YouTube IBTV

Habib Rizieq Shihab mengimbau umat Islam yang awam dengan ilmu hisab atau rukyat untuk mengikuti pemerintah dalam penetapan Lebaran 2023.

Dia menyebut bahwa masyarakat awam tak perlu pusing dengan potensi perbedaan lebaran 2023.

"Saya ingin sampaikan bagi masyarakat awam yang enggak ngerti hisab enggak ngerti rukyat, valak ikuti saja pengumuman pemerintah, selesai," ujar Habib Rizieq dalam keterangannya dikutip Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: Habib Rizieq Minta Masyarakat Hormati Perbedaan Lebaran 2023: Jangan Merasa Benar Sendiri!

Lebih lanjut, Habib Rizieq mengatakan bahwa bagi masyarakat yang paham soal hisab dan rukyat tentu boleh berlebaran pada hari Jumat atau Sabtu sesuai dengan keyakinannya.

"Bagi yang ngerti hisab dia punya hak untuk mengikuti hisabnya. Bagi yang paham rukyat dia punya hak untuk mengikuti rukyatnya, enggak boleh diganggu oleh siapa pun termasuk oleh pemerintah sekalipun," tegasnya.

Sebelumnya, Habib Rizieq menyebut masyarakat harus menghormati perbedaan penetapan lebaran 2023.

Baca Juga: Ponpes Gontor Tetapkan Lebaran Besok 21 April 2023

"Belajarlah kita menikmati perbedaan pendapat, belajarlah lapangkan dada. Belajarlah kita untuk bisa menghormati saudara-saudara kita yang berbeda," tandasnya.

Habib Rizieq mengimbau bahwa umat Islam jangan merasa paling benar dengan apa yang diyakininya. "Jangan merasa benar sendiri saudara," tegasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tak Gelar Open House pada Lebaran 2023

Lebaran tahun 2023 berpotensi ada perbedaan. Adapun Muhammadiyah telah menetapkan lebaran pada Jumat besok, 21 April.

Sementara pemerintah baru akan menggelar sidang Isbat pada sore ini. Dan, Nahdlatul Ulama (NU) baru akan mengumumkan lebaran pada malam ini setelah mengamati hilal di berbagai daerah.

Terkait

Terkini

Populis Discover