Anies Baswedan Dituding Alirkan Dana Formula E ke Anggota Komisi III DPR, Apa Benar?

Anies Baswedan Dituding Alirkan Dana Formula E ke Anggota Komisi III DPR, Apa Benar? Kredit Foto: Twitter/Anies

Video mencatut bakal capres Partai NasDem Anies Baswedan beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 25 April 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Anies mengalirkan dana penyelanggaran Formula E ke seorang anggota Komisi III DPR

Baca Juga: Prabowo Enggak Patut Jadi Wakilnya Ganjar untuk Lawan Anies: Itu Penghinaan!

"TRANSAKSI DANA FORMULA E TERBONGKAR TERNYATA ADA ALIRAN DANA ANIES KE ANGGOTA(DPR)KOMISI III," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Breaking terkini.Transaksi dana formula e terbongkar ternyata anggota(DPR)komisi III pelaku utamanya," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada klaim terkait Anies mengalirkan dana Formula E ke anggota Komisi III DPR. 

Narator dalam video hanya membacakan artikel opini dari Seword.com berjudul "Modyar! Anies Disikat DPRD dan DPR Masalah TIM", tayang pada 27 Februari 2020. 

Baca Juga: Koalisi Perubahan Bergerilya ke Para Tokoh Nasional Cari Cawapres Anies Baswedan

Artikel memuat opini penulis terkait polemik revitalisasi Taman Ismail Marzuki atau TIM. Saat itu, Anies yang masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta berencana membangun wisma bagi para seniman di TIM. 

Sementara terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E hingga kini masih berjalan. Dilansir dari detiknewsKabag Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan bahwa penyelidikan masih dilakukan oleh pihaknya dan tidak pernah dihentikan. 

Baca Juga: Bu Mega Restui Ganjar Jadi Capres, Eh Pendukung Anies Ungkit-Ungkit Pilkada 2017: Dia Akan Kalah Seperti Ahok!

Namun, tidak ada keterangan dari KPK bahwa Anies mengalirkan dana Formula E ke anggota Komisi III DPR. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Anies mengalirkan dana Formula E ke anggota Komisi III DPR adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada keterangan valid yang menyatakan demikian. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover