PPP Bakal Umumkan Ganjar Pranowo Capres 2024

PPP Bakal Umumkan Ganjar Pranowo Capres 2024 Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

PPP bakal mengumumkan nama calon presiden (Capres) yang diusungnya di Pilpres 2024 pada hari ini. Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan PPP Arsul Sani pun membocorkan sosok Capres tersebut.

Menurut Arsul, nama Ganjar Pranowo paling banyak disuarakan pendukung akar rumput PPP.

"Tentu Mas Ganjar Pranowo ini memang di dalam rapat pimpinan wilayah atau musayawarah kerja wilayah itu paling banyak memang disuarakan untuk diusung sebagai bakal capres," kata Arsul Sani pada Rabu (26/4/2023) di Sleman.

Baca Juga: PPP Umumkan Capres Hari Ini, Rommy Bocorkan Namanya: GP, PS dan ABW

Ia menyebut bahwa proses pencapresan PPP berbasis pada mekanisme bottom up. Artinya, proses pencapresan ini mendengarkan aspirasi dari struktur dan konstituen akar rumput partai siapa yang akan diusung dalam Pilpres 2024.

"Memang dalam proses bottom up itu tentunya suara aspirasi tidak tunggal, dan memang selama ini teman-teman di jajaran tingkat wilayah DPW PPP dan tingkat kabupaten/kota atau DPC diberi keluasaan untuk mengekspresikan, tentu berdasarkan masukan-masukan daru konstituen akar rumput partai di daerah masing-masing itu untuk menyuarakan," ujarnya.

Baca Juga: Tujuh Sosok Cawapres Ganjar Pranowo yang Diendorse Jokowi, Siapa Paling Cocok?

Selain nama Ganjar, nama Anies Baswedan juga disuarakan menjadi capres PPP oleh pendukung akar rumput PPP. Bahkan, katanya, nama Prabowo Subianto, Sandiaga Salahuddin Uno, hingga Erick Thohir juga mengamuka.

"Tapi memang pada akhirnya kan PPP itu harus melakukan forum permusyawaratan, maka selama dua hari ini kami di Yogya melakukan rapat pimpinan nasional yang dihadiri oleh para pengurus PPP, termasuk majelis-majelis yang ada. Kemudian dihadiri juga pimpinan wilayah seluruh Indonesia," jelas Arsul.

Baca Juga: Megawati Capreskan Ganjar, Jokowi dan Puan Maharani Disebut Menyimpan Dendam

Sejak 24-25 April 2023 kemarin, PPP telah menggelar rapat dengan majelis partai, mahkamah partai hingga rapat dengan pengurus harian partai, usai digelarnya open house di kediaman Mardiono di Sleman. Rapat tersebut dilanjutkan dengan rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang dihadiri oleh seluruh ketua wilayah di seluruh Indonesia, Selasa (25/4) ini.

Dalam rapat itu, dibahas nama-nama yang akan diusung dalam Pemilu 2024 nanti, termasuk mengecek persiapan caleg dari PPP. Nama-nama tersebut yang akan diumumkan pada Rabu (26/4) ini.

"Ini yang nanti akan diumumkan Pak Plt Ketum siapa yang akan diumumkan (jadi capres yang diusung PPP), ditunggu dulu," tambah Arsul.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover