Nah Lho... Anggota DPR Minta Jokowi Evaluasi BRIN, Ada Apa?

Nah Lho... Anggota DPR Minta Jokowi Evaluasi BRIN, Ada Apa? Kredit Foto: Instagram/Mulyanto

Anggota Komisi VII DPR Mulyanto meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengevaluasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Hal ini karena banyaknya kontroversi yang melibatkan pegawai hingga pimpinan BRIN.

Jokowi, kata dia, perlu melihat secara objektif efektivitas kinerja kelembagaan BRIN, terutama pasca peleburan seluruh lembaga riset kementerian dan non kementerian dalam satu wadah.

Bila penggabungan tersebut hanya melahirkan kontroversial di tengah masyarakat, sebaiknya Jokowi segera membubarkan lembaga tersebut.  

"Bukan kali ini saja peneliti BRIN memunculkan kasus kontroversial yang menimbulkan geger di masyarakat, yakni ancaman pembunuhan kepada warga Muhammadiyah oleh APH," ujar Mulyanto saat dihubungi, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga: Tak Ingin Damai dengan Keluarga Aditya Hasibuan, Ibunda Korban: Perdamaian Sudah Pernah Kami Coba...

Sebelum adanya pernyataan mengancam warga Muhammadiyah dari oknum peneliti BRIN, lembaga tersebut sempat salah memprediksi ihwal badai dahsyat di wilayah Jabodetabek. Di mana prediksi tersebut langsung dibantah oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Adapula persoalan privatisasi Kebun Raya Bogor, kasus penutupan balai riset antariksa Watukosek, Pasuruan yang sempat ditanyakan UNESCO, dan pembubaran LBM Eijkman. Hingga kasus pemecatan secara mendadak para tenaga honorer kapal riset Baruna Jaya.

"Sementara peneliti kekurangan ruang kerja, bahkan rebutan kursi, pimpinan BRIN justru malah berencana membangun ruang tidur untuk Ketua Dewan Pengarahnya," katanya.

Baca Juga: Minta AKBP AH Dicopot, Kakak Korban penganiayaan Aditya Hasibuan: Saya Mohon Dilepas Jabatannya, Kasus ini Dibungkam 4 Bulan Lebih...

Ia meminta Jokowi mengevaluasi kinerja lembaga tersebut. Alih-alih prestasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berita yang muncul dari BRIN dan penelitinya adalah lagi-lagi soal yang mencerminkan kemerosotan kinerja lembaga ini.

"Sehingga menjadi logis kalau akhirnya Komisi VII DPR RI atas masukan dari para begawan Iptek dan masyarakat peneliti dalam Kesimpulan Raker dengan Kepala BRIN meminta BPK untuk memeriksa secara investigatif anggaran BRIN serta minta Presiden Jokowi mencopot Kepala BRIN," ucapnya.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover