Suara Pemilih Partainya Melimpah, PDIP Klaim Tak Butuh Suara Umat Islam, Faktanya....

Suara Pemilih Partainya Melimpah, PDIP Klaim Tak Butuh Suara Umat Islam, Faktanya.... Kredit Foto: Istimewa

Narasi mencatut PDI Perjuangan (PDIP) beredar di media sosial lewat pengguna akun Facebook yang dibagikan pada 23 April 2023. 

Narasi seolah mengeklaim bahwa PDIP tidak membutuhkan suara umat Islam dalam pemilu karena suara pemilih partainya sudah melimpah. Narasi dibagikan dalam bentuk hasil tangkapan layar sebuah artikel. 

Baca Juga: PPP akan Temui PDIP Hari Minggu Bahas Pencapresan Ganjar Pranowo

"Suara Melimpah, PDI Perjuangan Tak Butuh Suara Umat Islam dalam Pemilu," demikian bunyi narasi yang dibagikan. 

Setelah dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar PDIP tidak membutuhkan suara umat Islam dalam pemilu karena suara pemilih partainya melimpah. 

Hasil tangkapan layar yang dibagikan identik dengan artikel dari Lamongantoday.pikiran-rakyat.com berjudul "Suara Melimpah, PDI Perjuangan Tak Butuh Suara Umat Islam dalam Pemilu, Cek Fakta", tayang pada 28 April 2022. 

Artikel membahas hasil penelusuran cek fakta terhadap foto baliho yang diduga milik PDIP dengan narasi 'PDIP tidak butuh suara umat Islam'. Foto itu dibagikan oleh seorang pengguna akun Twitter pada 20 April 2022. 

Baca Juga: Ogah Kampanye Seperti Anies, PDIP: Kami Ini Taat Asas, Pak Ganjar Masih…

Hasil penelusuran menunjukan bahwa foto yang dibagikan merupakan hasil suntingan. Foto yang sebenarnya menunjukan baliho dengan logo Pemerintah Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat yang memuat pesan istri kepada suami untuk mencari rezeki yang halal. 

Dengan demikian, narasi PDIP tidak membutuhkan suara umat Islam dalam pemilu karena suara pemilih partainya sudah melimpah adalah tidak benar. Faktanya, hasil tangkapan layar yang dibagikan merupakan hasil suntingan. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover