Jokowi Belum Berani Reshuffle Menteri dari Parpol Koalisi

Jokowi Belum Berani Reshuffle Menteri dari Parpol Koalisi Kredit Foto: Puspa Perwitasari

Berakhirnya karier Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI diiringi dengan isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Terkait hal ini, pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah melihat sinyal reshuffle kabinet terbuka lebar.

Baca Juga: Surya Paloh Diminta Bilangin Anak Buahnya Supaya Mundur Dari Formula E, Jokowi Diseret-seret

"Kalau dilihat dari nuansa secara politik, kelihatannya Presiden Jokowi mau melakukan reshuffle kabinet," ujar Trubus kepada GenPI.co, Selasa (30/11).

Trubus menilai saat ini ada banyak menteri yang menunjukkan kinerja rendah dan tidak optimal.

Oleh karena itu, kata Trubus, dirinya melihat sinyal reshuffle kabinet Presiden Jokowi terbuka lebar.

Namun, menurut Trubus, Presiden Jokowi belum berani mereshuffle menteri-menteri yang berasal dari partai politik (parpol) koalisi pemerintah.

Baca Juga: Anies Baswedan Beri Dana Hibah Rp63 Miliar ke Istrinya, Warganet Ngamuk: Uang Negara Habis, Belum Lagi Buat Kerabat di Yaman

"Kecuali ada alasan yang kuat, misalnya dahulu Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo karena korupsi" kata Trubus.

Untuk diketahui, isu reshuffle menteri mencuat setelah pergantian Panglima TNI. Jenderal TNI Andika Perkasa dipilih sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto disebut-sebut bakal menjadi menteri baru di kabinet Presiden Jokowi. 

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini