Sambutan Baik Untuk Rizal Ramli, Nyapres 2024 Jadi Terobosan Baru

Sambutan Baik Untuk Rizal Ramli, Nyapres 2024 Jadi Terobosan Baru Kredit Foto: twitter/Rizal Ramli

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul memberi tanggapan terkait mantan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli yang mengajukan diri sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Dirinya mengapresiasi langkah yang diambil oleh tokoh senior tersebut. Sebab, menurutnya, pengajuan diri tersebut merupakan bagian dari demokrasi dalam mencari pemimpin.

"Pertama, luar biasa sekali bahwa masih ada tokoh-tokoh yang menyuarakan dan mengajukan diri sebagai Capres alternatif seperti Rizal Ramli," kata dia dilansir dari genpi pada Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Rizal Ramli Niat Nyapres 2024, Denger Dulu Kata Refly Harun, Sulit Maju Kalau...

Menurutnya, hal tersebut juga sangat baik mengingat Indonesia merupakan negara demokrasi yang memperbolehkan siapa saja berpendapat. Khususnya untuk mendapatkan pemimpin di masa yang akan datang.

"Sehingga, terobosan-terobosan baru terkait siapa pemimpin Indonesia di masa depan ini tetap ada," ucapnya.

Dirinya berpendapat bahwa di alam demokrasi, suara-suara yang dikeluarkan oleh sosok seperti Rizal Ramli ini juga patut untuk didengar. Karena, demokrasi di tanah air seperti bisnis ke bisnis. Bahkan, dirinya juga menilai demokrasi oligarki sangat relevan dan menjadi kelemahan di Indonesia.

"Karena, kalau kita bicara demokrasi yang sekarang. Saya lebih memilih mengatakan bahwa ini demokrasi transaksional," katanya.

Baca Juga: Cerita Jenderal Dudung, Darah Sampe Mendidih Lihat Baliho Rizieq

Di sisi lain, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie meyakini bahwa Rizal Ramli merupakan satu-satunya Capres alternatif yang kuat.

Dirinya juga mengapresiasi langkah yang diambil Rizal Ramli. Sebab, sosok senior tersebut diyakini bisa memberikan perubahan bagi tanah air.

"Ini ide yang luar biasa dan juga brilian. Memang Pilpres identik dengan oligarki, tapi kali ini figur yang potensial maju mencalonkan diri," pungkasnya.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini