Anies Baswedan Disebut Sebagai Cucu dari Presiden RI Pertama Soekarno, Begini Fakta Sebenarnya

Anies Baswedan Disebut Sebagai Cucu dari Presiden RI Pertama Soekarno, Begini Fakta Sebenarnya Kredit Foto: YouTube Merry Riana

Video mencatut bakal capres Anies Baswedan beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 1 Mei 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Anies merupakan cucu dari Presiden RI pertama Ir Soekarno atau Bung Karno. 

Baca Juga: Lawan PDIP di Pilpres 2024, PSI Disebut Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden, Ternyata...

"TERNYATA ANIES CUCU SOEKARNO YANG PALING DI SAYANG OLEH SANG PAHLAWAN NASIONAL," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Akhirnya terungkap ke publik ternyata Anies cucu sang pahlawan nasional lr. Soekarno..!!" demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar Anies Baswedan adalah cucu Bung Karno. 

Mengutip dari Kompas.com, Anies Baswedan merupakan cucu dari Abdurrahman Baswedan, Pahlawan Nasional asal Surabaya, Jawa Timur. 

Abdurrahman Baswedan dikenal sebagai seorang nasionalis, jurnalis, pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, mubaligh, dan sastrawan Indonesia. 

Baca Juga: Gegara Anies Jadi Tersangka Formula E, Benarkah Surya Paloh Gabung Golkar Usung Sosok Lain?

Ia juga pernah menjabat sebagai anggota Badan Penyelidikan Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan klaim Anies Baswedan merupakan cucu dari Bung Karno adalah tidak benar. Faktanya, Anies merupakan cucu dari Abdurrahman Baswedan yang juga Pahlawan Nasional. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover