Mustopa NR Terima Ratusan Juta Sebelum Tembak Kantor MUI di Siang Bolong, Pernyataan PPATK Jelas Banget, Benar Nih Orang Suruhan?

Mustopa NR Terima Ratusan Juta Sebelum Tembak Kantor MUI di Siang Bolong, Pernyataan PPATK Jelas Banget, Benar Nih Orang Suruhan? Kredit Foto: Istimewa

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) angkat bicara setelah rekening berisi ratusan milik pelaku penyerangan kantor Majelis Ulama (MUI) Mustopa NR mulai terkuak. Dia mana pria asal Lampung itu diketahui menerima transferan ratusan juta sebelum melakukan aksi koboinya itu. 

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, mengatakan setelah kabar soal rekening jumbo milik Mustopa itu beredar pihak langsung menindaklanjuti kabar tersebut. Transfer ratusan juta yang dilakukan secara periodik itu memang benar adanya. 

Baca Juga: Mustopa Terima Transferan Ratusan Juta Sebelum Serang Markas Ulama, MUI Langsung Blak-blakan : Nggak Masuk Akal Kalau Dia Ini Petani

“Iya (transaksi dengan nilai, red) signifikan,” kata Ivan Yustiavandana kepada wartawan Kamis (4/5/2023).

Ivan mengatakan nilai ratusan juta di rekening Mustopa jelas tidak sesuai dengan profil yang bersangkutan, dimana dalam KTP milik pelaku yang ditemukan di lokasi penembakan, Mustopa disebut bekerja sebagai seorang petani di Lampung. 

“(Nilai transaksi, red) Tidak sesuai profile yang bersangkutan,” pungkasnya. 

Mustopa Diduga Orang Bayaran 

Motif penyerangan kantor Majelis Ulama Indonesia (MU) yang dilakukan oleh Mustopa NR pada Selasa (2/5/2023) mulai terkuak. Pria 60 tahun asal Lampung itu diduga kuat adalah orang suruhan yang sengaja dibayar untuk menyerang markas para ulama itu. 

Dugaan Mustopa orang bayaran itu mencuat setelah beredarnya data rekening bank milik pelaku. Dimana Mustopa diketahui menerima Rp200 juta sehari sebelum aksi koboinya dilancarkan. Foto-foto buku tabungan milik Mustopa kini beredar luas di berbagai media sosial. 

Baca Juga: Penembak Kantor MUI Ditransfer Ratusan Juta Sebelum Penyerangan, Mustopa Si Koboi 'Wakil Nabi' Diduga Orang Bayaran, Alamak!

Baca Juga: Markas Ulama Ditembak-tembakin, Pendeta Saifuddin Jempolin Mustopa, Sebut MUI Selewengkan Uang Sertifikasi Halal untuk Kejahatan

Mengutip dugaan yang beredar di sejumlah media sosial, rekening bank milik Mustopa tercatat di Bank BRI Unit Kedondong Teluk Betung, Lampung. Dari transaksi yang terlihat di buku rekening itu, Mustopa beberapa kali menerima transfer dengan jumlah yang bervariasi.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover