Prabowo Jadi Capres Terkuat versi LSI, Gerindra Beri Respons Begini!

Prabowo Jadi Capres Terkuat versi LSI, Gerindra Beri Respons Begini! Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Prabowo Subianto mendapatkan dukungan terbesar hampir dari semua skenario berdasarkan survei terakhir yang dipublikasikan Lembaga Survei Indonesia (LSI). Hal ini disambut positif kader-kader Gerindra.

Juru Bicara Partai Gerindra, G Budisatrio Djiwandono mengatakan, Partai Gerindra sangat bersyukur atas kepercayaan yang dipotret oleh LSI itu. Terutama, atas dukungan yang diberikan ke Ketua Umum Prabowo Subianto.

"Pencapaian ini semakin menguatkan keyakinan kami amanah yang diberikan kepada Pak Prabowo sebagai capres yang diusung Partai Gerindra dalam Rapimnas Agustus tahun lalu adalah final dan tidak dapat ditawar lagi," kata Budisatrio dalam keterangannya, Kamis (4/5/2023).

Baca Juga: Golkar Dikabarkan Resmi Gabung Koalisi Gerindra-PKB: Ikut Usung Prabowo-Cak Imin

Ia turut mengingatkan kepada seluruh pengurus dan kader Partai Gerindra dari tingkat pusat hingga daerah untuk tidak terlena dengan hasil-hasil survei belakangan. Sebab, proses pemilu masih panjang dan cukup dinamis.

Budisatrio menekankan, Partai Gerindra berkomitmen untuk terus bekerja keras dan memperkuat struktur partai dalam rangka menyambut rangkaian prosesi dari pemilu 2024. Tidak lupa, Budi turut menyinggung kinerja Presiden Jokowi.

Budi memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap kinerja Presiden Jokowi yang tidak cuma berhasil mendapatkan tingkat kepuasan publik yang sangat tinggi. Tapi, tertinggi dalam sejarah yaitu sebesar 82 persen.

Baca Juga: Jokowi Nggak Izinkan Gibran Jadi Cawapres Prabowo: Dia Masih Muda, Baru 2 Tahun Jabat Wali Kota

Terkait itu, Budi melihat dalam pola beberapa survei belakangan terdapat korelasi yang cukup linear. Antara meningkatnya kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi dengan peningkatan elektabilitas Prabowo Subianto.

"Di mana kedua variabel tersebut secara proporsional mengalami peningkatan yang berbanding lurus," ujar Budisatrio.

Dari hasil survei tersebut terlihat mayoritas masyarakat setuju presiden selanjutnya harus mampu melanjutkan pekerjaan yang telah dijalankan oleh pemerintahan Jokowi. Terkait itu, Prabowo menempati urutan teratas.

Baca Juga: Gerindra Klaim Nama Cawapres Prabowo Subianto Sudah di Kantong

Prabowo dinilai capres paling mampu melanjutkan pekerjaan pemerintahan Presiden Jokowi. Meski begitu, seperti teladan yang telah diajarkan Prabowo, Gerindra menghormati seluruh kandidat capres yang maju.

"Kami percaya seluruh kandidat tersebut merupakan putra-putri terbaik bangsa, dan memiliki kesamaan niat untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara," kata Budisatrio.

Sebelumnya, survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) menghasilkan elektabilitas Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto tertinggi dalam simulasi calon presiden (capres), baik dalam simulasi 34 nama semi terbuka, simulasi tertutup 10 nama, dan simulasi tertutup empat nama. Di bawah Prabowo ada nama Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ngaku Tak Undang NasDem di Pertemuan Ketum Parpol: Alasannya Bikin Tercengang!

"Pak Prabowo sejak Januari 2023 sampai April itu terus mengalami penguatan," kata Direktur LSI Djayadi Hanan dalam Rilis Hasil Survei Nasional LSI: "Peta Elektoral Pilpres dan Antisipasi Putaran Kedua", dipantau dari kanal YouTube Lembaga Survei Indonesia, di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Dalam simulasi 34 nama semi terbuka, elektabilitas Prabowo mencapai 26,5 persen, diikuti dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 24,9 persen, lalu mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 19,8 persen. Lebih lanjut, pada simulasi tertutup 10 nama, elektabilitas Prabowo mencapai 28,3 persen, Ganjar sebesar 27,3 persen, dan Anies Baswedan 21 persen.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ngaku Tak Undang NasDem di Pertemuan Ketum Parpol: Alasannya Bikin Tercengang!

"Pak Ganjar cenderung mengalami penurunan atau pelemahan selama tiga atau empat bulan terakhir, sementara Pak Prabowo cenderung mengalami penguatan. Anies Baswedan mengalami sedikit penguatan dari Februari ke April, tetapi tidak setinggi Pak Prabowo," kata Djayadi.

Kemudian, dalam simulasi tertutup empat nama, Prabowo Subianto tetap unggul dengan elektabilitas mencapai 33,1 persen, Ganjar Pranowo 31,8 persen, dan Anies Baswedan 25,3 persen.

"Puan Maharani 2,2 persen, 7,5 persen belum menjawab," ucapnya.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover