Anies Baswedan Disebut Umumkan Sandiaga Uno Jadi Cawapresnya, Faktanya...

Anies Baswedan Disebut Umumkan Sandiaga Uno Jadi Cawapresnya, Faktanya... Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Video terkait cawapres Anies Baswedan beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 4 Mei 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Anies mengumumkan Menteri Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai cawapresnya. 

Baca Juga: Anies Baswedan Sebut Koalisi Perubahan Tengah Menggodok Nama Cawapres Pendampingnya

"SANDIAGA UNO MERAPAT IKUT BERSAFARI SEKALIGUS ANIES UMUMKAN LANGSUNG, SANDI RESMI JADI PENDAMPINGNYA," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Sandiaga Uno Resmi Dampingi Anies ! Sudah Ikut Bersafari Mulai Hari Ini Bersama Nasdem !! Viral News~" demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada klaim terkait Anies mengumumkan Sandiaga sebagai cawapresnya. 

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari Liputan6.com berjudul "Wacana Pasangkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilpres 2024, Peluangnya?" tayang pada 11 April 2023. 

Artikel membahas penilaian Peneliti Senior Populi Center Usep S Ahyar terhadap peluang duet Anies-Sandi di Pilpres 2024. Menurutnya, baik Anies maupun Sandi sama-sama memiliki ganjalan politik untuk diwujudkan menjadi duet. 

Baca Juga: Ganjar, Anies dan Prabowo Itu Lawan Berat, Airlangga Harus Realistis, Kalau Ngotot Nyapres Sudah Pasti Dilibas, Mending...

Sementara dilansir dari Republika.co.id, Anies mengatakan pemilihan cawapres untuk mendampingi dirinya di pilpres mendatang masih dalam proses. Ia mengaku sudah mengerucutkan lima nama sebagai kandidat cawapres bersama tim kecil. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Anies mengumumkan Sandiaga sebagai cawapresnya adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada keterangan resmi yang menyatakan demikian. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover