Anies Ingatkan Jokowi Tak Intervensi Pemilu: Jangan Takut Kehilangan Kekuasaan!

Anies Ingatkan Jokowi Tak Intervensi Pemilu: Jangan Takut Kehilangan Kekuasaan! Kredit Foto: Taufik Idharudin

Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengingatkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tak mengintervensi penyelenggaraan Pemilu 2024.

Menurut eks Gubernur DKI Jakarta itu, pemerintah harus bersikap netral saat kontestasi politik itu berlangsung.

Hal ini disampaikan Anies saat menyampaikan pidato politik dalam acara deklarasi relawan Amanat Indonesia (ANIES) di Tennis Indoor Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ia menyebut masyarakat harus bebas dalam menggunakan hak pilihnya nanti.

Baca Juga: Anies Baswedan Nggak Takut Warisannya di Jakarta Dihapus Heru Budi

“Biarkan rakyat tanpa dipengaruhi negara, tanpa campur tangan negara. Negara netral dan percayakan rakyat bahwa rakyat menitipkan kewenangan kepada yang punya niat baik dan track record,” kata Anies, Minggu (7/5/2023).

Menurut Anies, masyarakat saat ini sudah cukup cerdas mempertimbangkan dengan matang siapa yang akan dipilih dalam Pilpres nanti.

“Jadi tidak perlu ada intervensi,” ujarnya.

Baca Juga: Datang ke Acara Relawan Anies Baswedan, AHY: Saya Ingin Dengar Pidato Politiknya

Karena itu, ia meminta Presiden Joko Widodo agar tidak khawatir jika kehilangan kekuasaan karena kalah dalam Pilpres nanti. Sebab, itu merupakan hal yang biasa dalam berdemokrasi.

Selain itu, ia menyebut pada dasarnya pemilik kekuasaan sejati adalah rakyat. Pemerintah saat ini hanya menunaikan janji politiknya saja.

Baca Juga: Anies Baswedan Minta Masyarakat Tak Pilih Capres Tukang Ngibul: Kalau di Masa Lalunya Tidak Peduli, Jangan Harap Besok Peduli

“Bila ada yang khawatir kehilangan kekuasaan, maka dia tidak paham prinsip dasar demokrasi. Karena kekuasaan itu tidak hilang, tidak juga berpindah, (kekuasaan) ini ada pada saudara semua rakyat Indonesia,” tuturnya.

“Kekuatan pada rakyat, bukan pada yang lain. Jaga kekuasaan sampai nanti di TPS. Ini bukan statistik, itu hak menentukan perjuangan,” tandasnya.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover