Survei SPIN Terbaru: Prabowo Subianto Unggul Jauh dari Ganjar dan Anies!

Survei SPIN Terbaru: Prabowo Subianto Unggul Jauh dari Ganjar dan Anies! Kredit Foto: Instagram/Prabowo Subianto

Hasil survei SPIN terbaru menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto sebagai Capres 2024 menempati posisi teratas.

Direktur Survey & Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menjelaskan, elektabilitas Prabowo unggul jauh dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Temuan survei per April-Mei 2023 menemukan 33,2 persen publik masih konsisten menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo," ucap Igor dalam keterangannya, Senin (8/5/2023).

Baca Juga: Koalisi KIR Fix Usung Prabowo-Cak Imin, PKB: Bulan Mei Segera Diumumkan!

Di posisi kedua masih ditempati Gubernur Jateng yang juga Capres PDIP Ganjar Pranowo dengan perolehan 17,0 persen, sedangkan Capres Koalisi Perubahan Anies konsisten di posisi tiga dengan 16,6 persen.

Igor menjelaskan trend dukungan kepada Prabowo tetap bertambah sementara Ganjar mengalami degradasi dukungan. Hal serupa juga dialami Anies. Sementara Erick Thohir dan Ridwan Kamil bertarung di posisi ke empat dan lima besar. Lalu, 12,5 persen responden manyatakan belum punya pilihan.

Baca Juga: Relawan Jokowi Serahkan Nama Capres Hasil Musra, Anies Baswedan Nggak Masuk Hitungan

Dari survei SPIN, ada sejumlah faktor pendongkrak elektabilitas Prabowo, antara lain kinerja ketua umum Gerindra itu sebagai menteri yang minim pencitraan.

"Kinerja Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan pada Kabinet Indonesia Maju mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat," ucap Igor.

Data Global Firepower Index bahkan menyebut bahwa kekuatan militer Indonesia di masa Menhan Prabowo berada di peringkat ke-15 dari 140 negara di dunia pada 2022 dan terkuat di ASEAN.

Baca Juga: Survei Selalu di Bawah Ganjar & Prabowo, Anies Pede Bisa Menang dalam Waktu Seminggu!

Igor menyebut kinerja yang baik dari Menhan RI tersebut memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempertahankan sentimen positif terhadap pencapaian pemerintahan Jokowi sekarang ini. Kemudian, endorsement Presiden Jokowi baik secara terbuka dan konkret dan melalui musyawarah relawan, Musra.

"Dukungan Prabowo sebagai capres 2024 yang paling diminati publik juga muncul dalam berbagai Musra yang diprakarsai oleh gabungan relawan Jokowi," tuturnya.

Selain itu, Prabowo dianggap sosok yang dekat dengan rakyat. Pernah menjabat ketua umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), HKTI, dan IPSI.

Baca Juga: Gerindra Tanggapi Kritik Jusuf Kalla: Jokowi Tak Intervensi Parpol Mana pun!

Menurut Igor, gaya komunikasi politik Prabowo juga dianggap lebih menyentuh kalangan bawah masyarakat, serta merakyat.

"Bisa jadi ini adalah efek seringnya Presiden Jokowi mengajak Menhan Prabowo untuk bersafari mengunjungi berbagai daerah," ucapnya.

Igor mengatakan kondisi berbeda dialami Ganjar yang masih mengalami penurunan elektabilitas setelah PDIP mendeklarasikannya menjadi capres pada Pilpres 2024.

"Begitu juga dengan Anies yang relatif stagnan. Salah satu sebab penurunan elektabilitas Ganjar adalah soal penolakan kepesertaan tim Israel di Piala Dunia U-20," ujar Igor.

Baca Juga: Hasto PDIP Skak Balik Jusuf Kalla soal Jokowi Jangan Berpolitik: Presiden Sebelumnya Juga Begitu!

Sementara elektabilitas Anies menurun diduga karena ketidakmampuannya mendeliver ide dan gagasannya setelah tidak menjabat gubernur DKI Jakarta.

"Beberapa kesan terhadapnya juga dianggap sebagai sosok yang ingkar janji terhadap Prabowo yang telah mencalonkan dan mendukungnya secara penuh sebagai Cagub DKI Jakarta 2017 lalu," kata Igor.

Survei SPIN diadakan pada 27 April-4 Mei 2023 dengan 1230 responden dari 34 provinsi, dengan teknik sampel Random Digit Dialing (RDD) menggunakan simple random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2,8 persen.

Lihat Sumber Artikel di Fajar Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Fajar.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover