Ngelunjak! PP Bantu Rp800 Miliar Buat Benerin Jalan Rusak, Gubernur Lampung Malah Mau Minta Lagi Kalau Kurang: Gile Bener, APBD ke Mana?

Ngelunjak! PP Bantu Rp800 Miliar Buat Benerin Jalan Rusak, Gubernur Lampung Malah Mau Minta Lagi Kalau Kurang: Gile Bener, APBD ke Mana? Kredit Foto: Istimewa

Sejak infrastruktur tidak memadai, terutama jalanan rusak dikritik oleh TikToker Bima Yudho, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, langsung menjadi sorotan netizen. Terlebih dengan responnya terkait kritikan tersebut.

Jalanan rusak di Lampung yang viral itu bahkan sampai membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang langsung ke daerah itu untuk meninjaunya. Dari kunjungan tersebut, RI 1 mengaku pemerintah pusat akan menggelontorkan Rp800 miliar untuk perbaikan jalan tersebut.

Baca Juga: Ogah Jadikan Sandiaga Cawapres Anies, Demokrat: Bukan Titipan Jokowi, Luhut, atau…

Jokowi menjelaskan pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan di Lampung dan akan ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Perbaikan jalan tersebut disebut akan segera dimulai pada Juli 2023.

Namun, Arinal justru menyebut bahwa pemerintah daerah (Pemda) Lampung akan meminta dana lagi ke pemerintah pusat (PP) jika Rp800 miliar tersebut kurang untuk memperbaiki 15 ruas jalan yang rusak.

Dalam pernyataannya, Arinal mengatakan, “Menyelesaikan 15 ruas sesuai dengan usulan saya di 15 kabupaten/kota. Tetapi tetap nanti Kementerian PU yang akan menghitung jalan itu. Rp800 M itu plafon.”

“Ternyata dia (perbaikan jalan) cukup Rp700 miliar, Rp100 miliar kita alihkan ke tempat lain kalau memang boleh. Kurang? Ya kita minta lagi atau kita teruskan melalui APBD,” sambungnya.

Baca Juga: Eng-Ing-Eng, Rafael Trisambodo Akhirnya Ditetapkan Sebagai Tersangka Pencucian Uang Oleh KPK

Pernyataan Arinal itu kemudian disorot oleh pengguna akun Twitter @Aryprasetyo85. Melalui salah satu utas yang dibuatnya pada Selasa (9/5/2023), ia mengunggah video Gubernur Lampung saat menyampaikan hal itu.

Sambil mengunggahnya, ia pun bereaksi dengan menyebut bahwa Arinal ngelunjak. Ia pun mempertanyakan aliran dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBD) Lampung selama ini.

“Gile bener nih Gubernur Lampung sudah di bantu malah ngelunjak. Kemana APBD Lampung? Tolong @KejaksaanRI selidiki APBD Lampung mengandalkan @KPK_RI lelet nunggu viral,” ujarnya dikutip Populis.id dari cuitan akun @Aryprasetyo85 pada Rabu (10/5/2023).

Lebih lanjut, ia mengungkap bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berpotensi menyelidiki dugaan korupsi proyek di Lampung. Hal itu berdasarkan pernyataan Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak, pada Senin (8/5/2023). Meski begitu, ia tidak dapat memastikan apakah memang ada unsur dugaan korupsi dalam proyek di Lampung atau tidak.

Mengetahui hal itu, pengguna akun @Aryprasetyo85 kemudian mengatakan, “Baru mau selidiki. Bertahun-tahun @KPK_RI tidur bae semua baru di Selidiki kalo viral.”

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover