Nadiem Makarim Tegaskan Ini Ke DPR, Senggol Pemda Soal Gaji Guru PPPK

Nadiem Makarim Tegaskan Ini Ke DPR, Senggol Pemda Soal Gaji Guru PPPK Kredit Foto: Sigid Kurniawan

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan bahwa gaji guru PPPK 2021 sudah ditransfer ke Pemerintah Daerah (Pemda).

Nadiem Makarim bahkan memberikan peringatan kepada para kepala daerah terkait anggaran gaji guru PPPK 2021.

Pasalnya, menurut Nadiem Makarim, selama ini, Pemda beralasan tidak ada anggaran gaji PPPK guru, sehingga prosesnya sekarang masih jalan di tempat. Bahkan, sejumlah daerah malah meminta seleksi PPPK guru tahap II dan III ditiadakan.

Menurutnya, berdasar data yang dimiliki Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah mentransfer gaji PPPK guru lewat dana alokasi umum (DAU) 2021.

"Saya tegaskan kembali, gaji PPPK 2021 sudah ada di dalam pagu DAU 2021," kata Menteri Nadiem dalam rapat kerja Komisi X DPR RI, Rabu (1/12/2021) kemarin.

Baca Juga: PNS dan PPPK Boleh Menerima Bansos? Ini Kata MenPAN-RB

Nadiem Makarim menyebutkan di dalam pagu DAU 2021 sudah dicantumkan juga untuk gaji guru PPPK. Sementara itu, anggaran yang dialokasikan sebanyak formasi PPPK yang diusulkan Pemda yaitu 506 ribu lebih.

Menurut Nadiem Makarim, dari jumlah itu, yang ada pelamarnya 322.665 formasi dengan pelamar seleksi PPPK tahap I. Kemudian, setelah dua kali pemberian afirmasi, jumlah guru honorer yang lulus formasi PPPK tahap I sebanyak 173.329.

Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi pemda untuk tidak mengangkat guru honorer yang lulus PPPK.

"Ingat, gaji guru PPPK sudah ada di pagu DAU 2021. Dana itu tidak boleh digunakan untuk yang lain," ujarnya.

Suara lantang Nadiem Makarim ini langsung direspons anggota Komisi X DPR. Mereka meminta bukti tertulis bahwa gaji PPPK guru sudah ada di dalam pagu DAU 2021.

Baca Juga: Telak! Reuni 212 Tak Diberi Izin, Massa: Ini Aksi Superdamai

Sementara, Nadiem Makarim mengatakan surat tersebut sudah disampaikan kepada Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda.

"Suratnya sudah ada di Pak Ketua (Syaiful Huda). Kami mohon dukungan anggota dan pimpinan Komisi X untuk menyosialisasikannya," kata Nadiem Makarim.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini