Apa Itu Juche?

Apa Itu Juche? Kredit Foto: Gilad Rom

'Juche' adalah ideologi resmi rezim Korea Utara. Karena secara teoritis membenarkan pemerintahan satu orang di bawah Kim Il-sung, 'Juche' dapat dianggap sebagai versi pemujaan kepribadian yang dilembagakan.

Istilah 'Juche' pertama kali disebutkan secara resmi dalam pidato yang diberikan oleh Kim pada Kongres 'Propaganda dan Agitasi' KWP pada tanggal 28 Desember 1955, berjudul "Membangun kemandirian dan memberantas dogmatisme dan formalisme dalam proyek ideologi".

Baca Juga: Video Erick Thohir Merayap Dikritik, Nicho: Kau Digaji Untuk Benahi BUMN Bukan Main-main Kaya Bocah!

Kematian Stalin telah memicu perpindahan dari model kekuasaan Stalinis di Uni Soviet. Ini dianggap oleh Kim sebagai kemungkinan ancaman terhadap pemerintahan satu orangnya, karena pengaruh Soviet di Korea Utara kuat pada saat itu.

Ideologi 'Juche' dirancang untuk menutup pengaruh negatif semacam itu.

'Juche' awalnya diperkenalkan sebagai pedoman untuk proyek-proyek terkait ideologi pada saat itu. Namun, penghapusan bertahap berbagai faksi anti-Kim di dalam KWP menimbulkan generalisasi dalam penggunaan istilah tersebut.

'Juche' digunakan untuk merujuk pada kemandirian ekonomi dan pertahanan diri dalam konteks militer.

Ketika keretakan Soviet-Cina melebar dan perdebatan revisionis berkobar, 'Juche' juga diterapkan sebagai pedoman diplomatik.

Setelah selesainya sistem pemerintahan satu orang dan pemujaan yang meluas terhadap Kim, 'Juche' kemudian disebut sebagai 'Sistem Pemikiran Monolitik'.

Istilah tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan kesatuan politik/ideologis dalam masyarakat Korea Utara. Pada Kongres KWP ke-5 tahun 1970, 'Juche' dikristalkan dalam Anggaran Dasar KWP sebagai ideologi resmi Partai.

Selanjutnya, konstitusi yang direvisi tahun 1982 mengadopsi 'Juche' sebagai ideologi penguasa resmi Korea Utara.

Pada tahun 1974, 'Juche' secara resmi berganti nama menjadi 'Kim Il-sung-isme' (atau hanya 'Kimisme'), sebagai "sistem baru dan unik dari pemikiran revolusioner, teori, dan metodologi yang mencerminkan kebutuhan yang timbul dari era diri sendiri. -kepercayaan".

'Kimisme' secara tegas dibedakan dari Marx-Leninisme, dan yang pertama diklaim lebih unggul dari yang terakhir di tahun-tahun berikutnya.

Fakta bahwa Kim Jong-il secara resmi dinyatakan sebagai penerus kekuasaan pada tahun 1974 menyiratkan bahwa 'Juche' terkait erat tidak hanya dengan pemerintahan satu orang 'monolitik' Kim Il-sung tetapi juga naiknya Kim Jong-il ke tampuk kekuasaan.

Mulai tahun 1982, interpretasi yang lebih konkret dari 'Juche' dalam konteks politik, ekonomi, dan militer ditetapkan sebagai prinsip operasi Korea Utara.

Kim Jong-il mengklaim bahwa ayahnya pertama kali memproklamirkan pembentukan pemikiran 'Juche' pada pertemuan kader 'Federasi Pemuda Anti-Imperialisme' yang diadakan di Manchuria pada awal Juni 1930.

Baca Juga: Apa Itu Imperialisme?

Mengingat fakta bahwa Kim Il-sung berperang dengan pasukan anti-Jepang Partai Komunis China selama tahun 1930-an dan bekerja untuk Brigade Khusus ke-88 Soviet pada awal 1940-an, klaim ini kemungkinan besar tidak benar.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini