Apa Itu Anarko-Komunisme?

Apa Itu Anarko-Komunisme? Kredit Foto: VOI.id

Komunisme anarkis adalah bentuk anarkisme yang menganjurkan penghapusan Negara dan kapitalisme demi jaringan horizontal asosiasi sukarela di mana setiap orang akan bebas untuk memenuhi kebutuhannya.

Komunisme anarkis juga dikenal sebagai anarko-komunisme, anarkisme komunis, atau, kadang-kadang, komunisme libertarian.

Baca Juga: Siap-siap! Polri Akan Gandeng Kemenkominfo Usut Pinjol Ilegal

Namun, sementara semua komunis anarkis adalah komunis libertarian, beberapa komunis libertarian, seperti komunis dewan, bukan anarkis.

Yang membedakan komunisme anarkis dari varian komunisme libertarian lainnya adalah para pembentuk oposisi terhadap semua bentuk kekuasaan politik, hierarki, dan dominasi.

Komunisme anarkis menekankan egalitarianisme dan penghapusan hierarki sosial dan perbedaan kelas yang muncul dari distribusi kekayaan yang tidak setara, penghapusan kapitalisme dan uang, dan produksi kolektif dan distribusi kekayaan melalui asosiasi sukarela.

Dalam komunisme anarkis, negara dan properti tidak ada lagi. Setiap individu dan kelompok bebas untuk berkontribusi pada produksi dan memenuhi kebutuhan mereka berdasarkan pilihan mereka sendiri. Sistem produksi dan distribusi dikelola oleh pesertanya.

Anarko-komunis menyerukan penghapusan negara, kepemilikan pribadi dan kapitalisme, dan pengenalan kebebasan, kebebasan ekonomi dan ketertiban alam.

Di bawah anarko-komunisme, masyarakat akan direstrukturisasi secara radikal, berdasarkan kerjasama dan solidaritas manusia, komunitas otonom skala kecil yang dibentuk secara bebas, demokrasi langsung lokal, kepemilikan bersama atas kekayaan yang dihasilkan dan kesetaraan ekonomi. Singkatnya, anarkisme versi kolektivis ini menganut komunisme penuh.

Baca Juga: Arteria Dahlan Sebut Polisi Hingga Jaksa Tak Layak Kena OTT, Auto Disemprot: Sekolah Di mana Kawan Ini?

Pemikir anarko-komunis yang terkenal termasuk Peter, atau Piotr, Kropotkin (Rusia), Errico Malatesta (Italia) dan Nestor Makhno (Ukraina).

Kropotkin sering dilihat sebagai ahli teori komunisme anarkis yang paling penting, menguraikan ide-ide ekonominya dalam bukubuku -The Conquest of Bread and Fields, Factory and Workshops.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini