Dinilai Rasis ke Anies Baswedan, Benarkah Umar Bonte Akui Diperintah Ganjar Pranowo?

Dinilai Rasis ke Anies Baswedan, Benarkah Umar Bonte Akui Diperintah Ganjar Pranowo? Kredit Foto: Istimewa.

Video mencatut Ketua DPP KNPI Laode Umar Bonte beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 17 Mei 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Umar Bonte mengaku diperintah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk mengucapkan pernyataan rasis kepada bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan

Baca Juga: Diduga Rasis ke Anies Baswedan, Benarkah Umar Bonte Ditangkap Polisi?

"TERNYATA SURUHAN GANJAR TAK MAU DI PENJARA SENDIRI UMAR BONTE AKUI SEMUANYA," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"MENGEJUTKAN ! DI DEPAN ANIES UMAR BONTE AKUI SEMUANYA ATAS PERINTAH GANJAR !!" demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait pengakuan Umar Bonter diperintah Ganjar untuk mengucapkan pernyataan rasis ke Anies. 

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari Warta Ekonomi berjudul "Loyalis Anies Baswedan Soal Pernyataan Rasis Umar Bonte: Mereka Cari Celah Jatuhkan Anies, Tapi Nggak Ketemu!" tayang pada 15 Mei 2023. 

Artikel membahas tanggapan Ketua Komando Menangkan Anies Baswedan, Saeful Zaman terhadap pernyataan Umar Bonte yang dinilai mengucapkan pernyataan rasisme terhadap Anies. 

Baca Juga: Koar-koar Tolak Anies Sambil Ngaku Jadi Ketua Umum DPP KNPI, Laode Umar Bonte Malah Dipolisikan Gegara Diduga Catut Nama KNPI, Alamak!

Sementara melansir detiknews, Umar Bonte mengaku tidak bermaksud rasis kepada Anies. Ia hanya ingin mengingatkan agar tidak mengangkat isu rasis, menghina, atau menggerakkan potensi orang lain dalam pentas politik. 

Dengan demikian, video dengan narasi pengakuan Umar Bonter diperintah Ganjar untuk mengucapkan pernyataan rasis ke Anies adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada keterangan resmi yang mendasari klaim tersebut. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover