Gibran Jadi Cawapres Prabowo? Cak Imin: Usianya Belum Cukup...

Gibran Jadi Cawapres Prabowo? Cak Imin: Usianya Belum Cukup... Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan usia Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belum cukup untuk jadi calon presiden dan calon wakil presiden.

Gibran diisukan berpeluang mendampingi bakal capres yang diusung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) Prabowo Subianto usai keduanya bertemu di Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Pengamat Sebut Dukungan Relawan Jokowi ke Prabowo Bisa Saja Hasil Manuver Jokowi Sendiri, Simak Penjelasannya!

Namun, Cak Imin mengaku mengaku belum menerima informasi soal peluang Gibran mendampingi Prabowo secara langsung.

"Saya cuma greneng-greneng (samar-samar). Tetapi kan itu Mas Gibran usianya belum cukup. Syarat usia kan 40 tahun untuk jadi capres (calon presiden) dan cawapres," tutur Cak Imin saat ditemui wartawan di Universitas Islam Malang (UNISMA), Minggu (20/5/2023) sore.

Baca Juga: Geger Puluhan Baliho Anies Dirobek hingga Munculnya Spanduk Penolakan, Anies Langsung Bilang Hal Ini ke Relawan, Nggak Disangka-sangka!

Ketum PKB ini menghadiri sejumlah agenda di Jawa Timur. Rencananya, Cak Imin akan menggelar pertemuan bersama para kiai se-Jawa Timur (Jatim) di Jombang, pada Ahad (20/5/2023) malam. Kegiatan ini dilaporkan akan turut dihadiri Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Dengan adanya pertemuan tersebut, Cak Imin mengaku nantinya akan mengetahui perkembangan terbaru dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Termasuk mengenai kemungkinan adanya partai-partai baru yang bersedia masuk koalisi.

Khusus Partai Demokrat, Muhaimin mengaku belum mengetahui apakah partai tersebut berkenan ikut ke koalisi atau tidak.

"Tetapi kita harus welcome (partai yang mau masuk koalisi) karena semakin banyak partai, semakin bagus," tegasnya.

Baca Juga: Di Depan Para Relawan, Anies Baswedan Ngomong Lantang: Saya Bukan Lari-larian untuk Posting Foto, Saya Dengerin Suara Rakyat, Sindir Ganjar?

Sementara, terkait Partai Golkar, Ketum PKB berharap partai beringin tersebut dapat resmi masuk KKIR. Dengan demikian, nantinya dapat menjadi tiga pilar utama koalisi antara Gerindra, PKB dan Golkar. Namun terkait kapan itu bisa terjadi, dia hanya perlu menunggu keputusan dan pengumuman resmi dari Partai Golkar.

Sebelumnya, dalam pertemuan pada Pada Jumat (19/5/2023), Ketum Gerindra Prabowo Subianto mengaku kaget lantaran relawan Jokowi se-Jateng dan Jatim serta relawan Gibran menyatakan dukungan kepada dirinya. Prabowo mengungkapkan bahwa sebenarnya kedatangannya untuk menyambung tali silaturahmi dengan putra sulung presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover