Diduga Terlibat Korupsi Kominfo, Benarkah Puluhan Rekening Anggota DPR Diblokir?

Diduga Terlibat Korupsi Kominfo, Benarkah Puluhan Rekening Anggota DPR Diblokir? Kredit Foto: Taufik Idharudin

Video terkait korupsi BTS 4G Kominfo kembali beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 23 Mei 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, puluhan rekening anggota DPR diblokir karena menerima dana korupsi Kominfo. 

Baca Juga: 3 Parpol Diduga Kecipratan Duit Korupsi Proyek BTS, Johnny Plate Disarankan Jadi Justice Collaborator, yang Nyaranin Bukan Orang Sembarangan

“REKENING PULUHAN ANGGOTA DEWAN DIBLOKIR MAHFUD SIMPAN BUKTI TRANSAKSI DPR TERIMA DANA KORUPSI KOMINFO,” tulis kanal tersebut pada sampul video. 

“REKENING PULUHAN PEJABAT PENERIMA HASIL KORUPSI KOMINFO DIBLOKIR!! MAHFUD SIMPAN BUKTI TRANSAKSI INI,” demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait puluhan rekening anggota DPR diblokir karena menerima dana korupsi Kominfo. 

Narator dalam video membacakan artikel dari Tempo.co berjudul “Kasus Korupsi BTS Bakti Kominfo, PPATK Blokir Banyak Rekening”, tayang pada 22 Mei 2023. 

Artikel membahas keterangan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang telah memblokir banyak rekening terkait kasus korupsi Kominfo. Rekening tersebut milik pihak yang diduga terlibat kasus itu. 

Baca Juga: Masuk Daftar Penikmat Uang Korupsi Kominfo, Benarkah Anies Baswedan Diperiksa hingga 7 Jam?

Akan tetapi, PPATK tidak membeberkan identitas pemilik rekening. Tidak disebutkan juga bahwa pemilik rekening-rekening itu berasal dari kalangan parlemen. 

Dengan demikian, video dengan narasi puluhan rekening anggota DPR diblokir karena menerima dana korupsi Kominfo adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendasari klaim terkait.

Terkait

Terkini

Populis Discover