Demi Bebas dari Jerat Hukum, Benarkah Johnny Plate Suap Jaksa Senilai Rp500 Juta?

Demi Bebas dari Jerat Hukum, Benarkah Johnny Plate Suap Jaksa Senilai Rp500 Juta? Kredit Foto: Istimewa

Video terkait tersangka kasus korupsi BTS 4G Kominfo beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 28 Mei 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate suap jaksa senilai Rp500 juta agar bebas dari jerat hukum. 

Baca Juga: Anies Teriak Lantang Saat Singgung Korupsi BTS yang Seret Johnny Plate, Pendukungnya Ikutan Girang: Capres Lain Mana Berani Ngomong Begini

"DIBAYAR 500 JT PERKEPALA MAHFUD SEBUT SEMUA JAKSA DISUAP JHONNY PLATE," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"GEMPAR SIANG INI || MAHFUD SEBUT SEMUA JAKSA DISUAP JHONNY PLATE AGAR BEBAS DARI HUKUM," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada klaim terkait Johnny Plate suap jaksa Rp500 juta demi bebas dari hukum. 

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari Populis.id berjudul "Nah Lho! Dosanya Dibeberin Anak Buah, Johnny G Plate Disebut Pernah Minta Setoran Rp500 Juta per Bulan, Bilangnya Sih Buat Anak-anak.." tayang pada 25 Mei 2023. 

Baca Juga: 3 Parpol Diduga Kecipratan Duit Korupsi Proyek BTS, Johnny Plate Disarankan Jadi Justice Collaborator, yang Nyaranin Bukan Orang Sembarangan

Artikel membahas pengakuan Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Achmad Latif terkait Johnny Plate meminta dana sebesar Rp500 juta per bulan padanya. Menurut Anang, Plate menyebut dana itu merupakan dana operasional tim pendukung menteri. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Johnny Plate suap jaksa Rp500 juta demi bebas dari hukum adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang menyatakan demikian. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover