Refly: Saya Melihat Reshuffle Itu Lebih Menonjol Aroma Bagi-bagi Kursinya

Refly: Saya Melihat Reshuffle Itu Lebih Menonjol Aroma Bagi-bagi Kursinya Kredit Foto: Instagram/Refly Harun

Isu reshuffle kabinet di era pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali mencuat. Sejumlah menteri dikabarkan akan diganti dengan nama baru. Sejumlah menteri yang bukan berasal dari partai politik pun disebut bakal digeser.

Salah satu menteri yang diisukan bakal digeser yaitu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Pasalnya, kinerja Nadiem Makarim selama menjabat sebagai Mendikbudristek dinilai kurang memuaskan bagi masyarakat.

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun mempertanyakan sikap Presiden Joko Widodo yang dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet.

"Sebenarnya apa yang dicari Presiden Jokowi lagi dengan reshuffle ini? Apakah akomodasi politik lagi, ataukah dia ingin mencari kabinet yang efektif, yang bisa bekerja, yang bisa memberikan legacy terbaik pada tiga tahun masa pemerintahannya?" kata Refly Harun, dikutip dari kanal YouTube Refly Harun pada Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga: Nadiem Makarim Tegaskan Ini Ke DPR, Senggol Pemda Soal Gaji Guru PPPK

Menurut Refly, apabila reshuffle kabinet kali ini hanya sekadar untuk mengakomodasi politik, maka sama saja dengan mengorbankan profesionalisme.

Ia menilai, hal itu tidak penting karena mayoritas kursi di DPR sudah dikuasai oleh partai-partai politik yang tergabung ke dalam koalisi pemerintah.

"Buat apa Jokowi menarik PAN dalam koalisi pemerintahannya kalau dikaitkan untuk meningkatkan kinerja pemerintahan? Karena not necessary. Tanpa PAN pun, Jokowi sudah mayoritas di DPR," ujarnya.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini