Jleb! Komisi I DPR RI Ingatkan Prabwo Subianto Ajukan Proposal Damai tapi Ditolak Mentah-mentah Ukraina

Jleb! Komisi I DPR RI Ingatkan Prabwo Subianto Ajukan Proposal Damai tapi Ditolak Mentah-mentah Ukraina Kredit Foto: isitimewa

Komisi I DPR RI mengingatkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto agar berhati-hati dalam menyampaikan pendapat terkait konflik geopolitik antara Ukraina dan Rusia. Hal ini menyusul proposal damai milik Menteri Pertahanan RI ditolak Ukraina.

"Posisi Indonesia dalam konflik ini sudah jelas, apalagi dalam Sidang Umum PBB Februari 2023 lalu, Indonesia termasuk ke dalam 141 negara yang menentang invasi Rusia ke Ukraina dan mendukung kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid dalam keterangannya, Senin (5/6/2023).

Ia menegaskan bahwa posisi Indonesia sudah menyetujui resolusi yang telah dikeluarkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Dalam resolusi itu meminta Rusia mengakhiri permusuhan dengan Ukraina dan menarik mundur pasukannya dari Ukraina.

"Indonesia mendukung Resolusi yang menjunjung tinggi penegakan Rule of Law khususnya Piagam PBB, Hukum Internasional dan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia" ujar Meutya.

Baca Juga: Geger, Mutiara Baswedan Putri Sulung Anies Dimaki Perempuan Usai Nonton Formula E 2023: Bloon!

Sebagai negara yang menganut politik luar negeri nebas aktif, kata Meutya, Indonesia terus mendorong dialog dan diplomasi antara Ukraina dan Rusia melalui berbagai forum multilateral.

"Posisi Indonesia dalam konflik ini sudah jelas, apalagi dalam Sidang Umum PBB Februari 2023 lalu, Indonesia termasuk ke dalam 141 negara yang menentang invasi Rusia ke Ukraina dan mendukung kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina," jelasnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover