Ngomongin Pendanaan Lembaga Survei Indonesia, Rocky Gerung Dirujak Bos SMRC: Sumber Pendanaan Dibeberin...

Ngomongin Pendanaan Lembaga Survei Indonesia, Rocky Gerung Dirujak Bos SMRC: Sumber Pendanaan  Dibeberin... Kredit Foto: Akurat

Pendiri lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani, dengan tegas membantah pernyataan Pengamat Rocky Gerung terkait sumber pendanaan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Terkait itu, ia mengatakan jika lembaganya tersebut tidak dibiayai World Bank, seperti yang dikatakan Rocky, melainkan didanai oleh Japan International Coorperation Agency (JICA).

"Rocky, saya yang bikin lembaga survei indonesia. tidak dibiayai world bank, tapi JICA," cuitnya dalam akun Twitternya, dilihat Kamis (8/6/2023).

Masih soal pembiayaan, ia pun berharap agar LSI nantinya bisa mandiri ketika sejumlah pihak telah yakin dengan manfaat lembaga tersebut.

"Berharap kemudian bisa mandiri setelah berbagai pihak teryakinkan ada manfaatnya. itu kemudian soal pruduk dan pasar. produkĀ  buruk ga ada pasarnya. bukan tipu-tipu. ga mungkin produk serius ga ada biayanya. pasti ada," ucap dia.

Selain itu, dirinya juga menegaskan jika sumber biaya tidak boleh mendikte hasil surveinya.

"Tapi sumber biayai tidak boleh dikte proses dan hasil. sama seperti profesi modern lainnya. tipu-tipu ga ada pasarnya kecuali bagi orang dungu, istilahmu. survei opini publik adalah capaian besar dalam studi politik modern," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover