Semakin Ngelunjak, Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Kembali Berulah, Sebut Mekkah Bukan Tanah Suci: Jangan Mau Mati di Sana!

Semakin Ngelunjak, Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Kembali Berulah, Sebut Mekkah Bukan Tanah Suci: Jangan Mau Mati di Sana! Kredit Foto: Isitimwa

Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang kembali bikin geger dengan pernyataan kontroversial. Kali ini ia mengatakan Mekkah bukan tanah suci. Dia bahkan terang-terangan meminta umat islam untuk berangkat naik haji atau umroh ke Mekkah. 

Tak Hanya itu, Panji Gumilang juga mengaku heran dengan masyarakat yang justru senang meninggal dunia di Tanah Suci saat berangkat naik haji atau umroh.Pria paruh baya ini lantas menyebut Tanah Suci yang sebenarnya adalah Indonesia.  

Baca Juga: Iming-Imingi AHY dengan Jatah Cawapres Ganjar Pranowo, PDI Bantah Rusak Koalisi Perubahan Demi Gagalkan Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Hal ini disampaikan Panji Gumilang dalam sebuah video  yang diunggah di saluran Youtube Rezky Maisya Putra sebagaimana dilihat Populis.id Selasa (13/6/2023). Dalam video itu, Panji Gumilang bahkan mengubah lirik lagu Indonesia Raya dengan ‘Indonesia Tanah Suci’.

“Indonesia tanah suci, nggak usah mau mati di tanah suci yang jauh, di Indonesia juga mati suci,” kata Panji Gumilang.

Ubah Tata Cara Shalat

Pengasuh pondok pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, Panji Gumilang kembali berulah setelah sebelumnya yang bersangkutan membuat heboh karena memodifikasi berbagai pakem dalam ajaran islam. Perbuatannya itu oleh banyak pihak dinilai sudah sesat karena melenceng jauh dari peraturan yang seharusnya. 

Kali ini Panji Gumilang membuat heboh masyarakat dengan merubah tata cara shalat dengan mencampur jamaah pria dan wanita yang seharusnya melakukan shalat secara terpisah.

Baca Juga: Nasdem Akan Tetap Ucapkan Selamat Jika AHY Jadi Cawapres Ganjar, Kader Demokrat: Benar Kan Ahmad Ali Gak Suka Mas AHY!

Baca Juga: Habis-Habisan Dukung Kaesang Nyaleg, Loyalis Anies Sindir PSI: Kalau Bukan Anak Presiden Tak Mungkin Dilirik, Pansosnya Kebaca Banget!

Panji Gumilang juga memberikan jarak antar jamaah, pemberian jarak itu dimaksud agar para jamaah tidak saling terganggu dengan bau badan dengan orang disamping kiri kanan ataupun orang di depan atau di belakangnya. 

"Ente saja yang tidak ada apa-apa terus berdekatan, ente suka jengkol saya suka petai. Eh bau jengkol oh bau petai, kan gak enak. Tapi kalau jaraknya serentang tangan, mau dehem mau huk, gak akan bau,”kata Panji Gumilang dilansir Populis.id di saluran Youtube MediaPolri TV Rabu (24/5/2023).

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover