Cara Kerja Sumur Resapan Gagasan Mas Anies Ditelanjangi Pakar: Itu Hanya Mengurangi Banjir di Halam Rumah, Bukan Meredam Banjir Besar!

Cara Kerja Sumur Resapan Gagasan Mas Anies  Ditelanjangi Pakar: Itu Hanya Mengurangi Banjir di Halam Rumah, Bukan Meredam Banjir Besar! Kredit Foto: Asprilla Dwi Adha

Direktur Eksekutif Pusat Studi Perkotaan  Nirwono Joga menilai sumur  resapan yang dibangun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sejumlah kawasan di Jakarta tidak akan efektif meredam banjir skala besar yang rutin terjadi setiap tahun di Jakarta.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti itu menegaskan,  idealnya sumur resapan hanya membantu mengurangi  genangan di lingkungan rumah, sekolah atau perkantoran. 

Baca Juga: Drainase Vertikal Gagasan Mas Anies Ditelanjangi Pakar Geoteknik: Sumur Resapan Kok Dibikin Pakai Beton, Itu Airnya Nggak Meresap!

“Drainase vertikal atau sumur resapan hanya berfungsi membantu mengurangi genangan air skala mikro atau lokal seperti di halaman rumah, sekolah, parkir, jalan lingkungan sekitar atau  taman bukan meredam banjir skala kawasan kota,” kata Nirwono ketika dikonfirmas Populis.id  Selasa  (7/12/2021). 

Lantaran fungsi sumur resapan itu hanya mengurangi genangan skala mikro, Nirwono mengatakan seharusnya pembangunannya diserahkan kepada masyarakat, Pemerintah Daerah hanya perlu menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan pembangunan sumur resapan tersebut  untuk diberikan kepada masyarakat. 

Baca Juga: Hati-hati Mas Anies Hati-hati, Anda Bisa Apes di Pilpres 2024 Kalau Hanya Andalkan Kelompok 212

Dengan begitu, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta jauh lebih menghemat anggaran, sehingga dana yang ada dapat dipakai untuk mengerjakan program penanganan banjir yang lain, seperti peremajaan sungai atau kali, rehabilitasi saluran air di dalam kota hingga membangun Ruang Terbuka Hijau sebagai tempat resapan air.

Baca Juga: Akhirnya Ngomong Juga, Lihat Nih Respons Menag Yaqut Soal Pernyataan Jenderal Dudung yang Minta Jangan Terlalu Dalam Belajar Agama

“Sebaiknya pembangunan sumur resapan diserahkan kepada setiap warga untuk mbgn sendiri di halaman rumahnya, jangan menggunakan dana APBD maupun dana PEN pusat. Pemborosan anggaran, tidak efektif atau mubazir,” ujarnya.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini