Dibekingi Kemenag, Ridwan Kamil Angkat Tangan Soal Pembubaran Al-Zaytun: Setiap Tahun Mereka Disuntik Dana Miliaran Rupiah!

Dibekingi Kemenag, Ridwan Kamil Angkat Tangan Soal Pembubaran Al-Zaytun: Setiap Tahun Mereka Disuntik Dana Miliaran Rupiah! Kredit Foto: GenPI

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku Pemerintah Provinsi Jawa Barat tak bisa berbuat banyak terhadap berbagai polemik yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu.

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil mengaku tak bisa bisa membubarkan Ponpes pimpinan Panji Gumilang tersebut, sebab lembaga itu didukung Kementerian Agama.

Politisi Golkar itu menyebut, dari hasil investigasi yang dilakukan pihaknya, Kementerian Agama diketahui rutin menyuntikan dana hingga miliaran rupiah setiap tahunnya ke Ponpes Al-Zaytun. 

Baca Juga: Al-Zaytun Punya Kelompok Kriminal, Doktrinnya Ngeri Banget: Harta Orang Lain Termasuk Orang Tua yang Belum Berbaiat Boleh Dirampok!

"Dana dari Kementerian Agama kurang lebih setiap tahun ada sekian miliar juga ke Al-Zaytun," ucap Ridwan kepada wartawan dilansir Populis.id Jumat (23/6/2023). 

Lantaran Ponpes yang berdiri atas tanah 1.000 hektare itu di bawah pengawasan  Kemenag, Ridwan Kamil mengatakan pembubaran Al-Zaytun hanya bisa dilakukan Kementerian yang dipimpin Menag Yaqut Cholil Qoumas itu. Pemerintah daerah tak punya hak atas pembubaran  ponpes terbesar di Asia Tenggara tersebut.

"Pembubaran hanya dilakukan oleh Kemenag karena mereka yang memberikan izin," beber Ridwan Kamil. Metode pembelajaran di Ponpes Al Zaytun mulai dari diniyah, aliyah hingga setaraf mahasiswa. "Izinnya ada di Kemenag karena sifatnya pesantren diniyah, aliyah dan seterusnya,” tuturnya.

Polemik Ponpes Al-Zaytun membetot perhatian publik setelah Panji Gumilang terang-terangan mengumbar berbagai ajaran yang menyimpang dari syariat islam, seperti mengubah tata cara shalat. 

Baca Juga: Ketahuan! Ternyata Pendeta Saifuddin Pernah Jadi Guru dan Donatur di Al-Zaytun, Sempat Kuras Tabungan dan Sumbangkan Emas Setengah KG

Baca Juga: Agenda Ponpes Al-Zaytun Terendus Densus 88, Rencana Panji Gumilang Cs Bikin Bergidik: Target Mereka Jelas Akan Menghancurkan….

Di mana panji menggabungkan jamaah pria dan wanita dalam satu shaf yang sama, tak hanya itu shalat juga dilakukan menghadap ke Timur bukan ke arah kiblat. Selain itu Panji Gumilang juga mengatakan pihaknya meyakini Alquran adalah karangan Nabi Muhammad SAW, dia lantas meminta santrinya membaca injil.  

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover