Mahfud MD Turun Tangan, Dedengkot Al-Zaytun Panji Gumilang Langsung Diulti: Kau Berurusan dengan Saya!!

Mahfud MD Turun Tangan, Dedengkot Al-Zaytun Panji Gumilang Langsung Diulti: Kau Berurusan dengan Saya!! Kredit Foto: Aditya Pradana Putra

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD merespons polemik Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Mahfud mengatakan, pihaknya sedang mendalami berbagai pernyataan pimpinan Al-Zaytun Panji Gumilang yang disinyalir telah melenceng jauh dari syariat islam. Di mana Panji juga diduga menyebarkan ajaran sesat di ponpes terbesar di  Asia Tenggara itu.

"Kita gak boleh sembarangan menyikapi tanpa mendalami. Kita sedang mendalami itu semua," ujar Mahfud MD dilansir Populis.id Jumat (23/6/2023). 

Baca Juga: Agenda Ponpes Al-Zaytun Terendus Densus 88, Rencana Panji Gumilang Cs Bikin Bergidik: Target Mereka Jelas Akan Menghancurkan….

Mahfud menegaskan, jika nantinya terbukti Panji Gumilang melenceng dari ajaran islam dan menyebarkan ajaran sesat, maka dirinya bakal dihukum berat. Apalagi yang bersangkutan sampai terbukti menodai islam. 

"Kalau ada pelanggaran, siapa pun (harus taat hukum) di seluruh Indonesia. Tapi apa betul ada pelanggaran atau tidak nanti kita dalami," tegasnya. 

Adapun Panji Gumilang terang-terangan mengumbar berbagai ajaran tak lazim di ponpes Al-Zaytun, dia mengubah tata cara shalat dengan mencampurkan jamaah pria dan wanita dalam satu shaf yang sama. Shalat yang dilakukan juga menghadap ke Timur, bukan ke arah kiblat. 

Tak hanya itu Panji Gumilang juga melarang para santrinya berangkat naik haji atau umroh, baginya Mekkah bukan tempat suci umat islam, tanah suci menurut dia adalah Indonesia. Selain itu  Panji juga mengaku Alquran adalah karangan Nabi Muhammad SAW dan Nabi Adam bukan manusia pertama. 

Dengan berbagai pernyataan yang kontroversi itu, sejumlah pihak termasuk MUI Indramayu mengatakan Panji Gumilang telah menyebarkan ajaran sesat di Ponpes yang ia pimpin. 

Baca Juga: Ketahuan! Ternyata Pendeta Saifuddin Pernah Jadi Guru dan Donatur di Al-Zaytun, Sempat Kuras Tabungan dan Sumbangkan Emas Setengah KG

Baca Juga: Al-Zaytun Punya Kelompok Kriminal, Doktrinnya Ngeri Banget: Harta Orang Lain Termasuk Orang Tua yang Belum Berbaiat Boleh Dirampok!

Terkait dugaan ajaran sesat itu, Mahfud MD tak mau buru-buru mengambil kesimpulan, intinya kata dia penangan kasus ini mesti dilakukan secara hati-hati. 

"Saya belum tahu apa ketidaksesuaiannya. Kan nanti ada urusannya. Kalau tidak sesuai dengan hukum, itu urusan dengan saya. Kalau menyangkut penyelenggaraan institusi, itu kemenag. Kan gitu. Kita belum tau masalahnya dimana sebenarnya," paparnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover