Akui Panji Gumilang Sempat Mondok di Sana, Pernyataan Pihak Ponpes Gontor Benar-benar Bikin Kaget, Pasang Kuping Baik-baik!

Akui Panji Gumilang Sempat Mondok di Sana, Pernyataan Pihak Ponpes Gontor Benar-benar Bikin Kaget, Pasang Kuping Baik-baik! Kredit Foto: Istimewa

Pihak Pesantren Gontor membantah informasi yang menyebut Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang adalah alumninya. Informasi ini santer dibicarakan setelah Panji Gumilang mengklaim dirinya sempat menimba ilmu di Ponpes tersebut beberapa waktu lalu setelah geger ajaran sesat di Al-Zaytun. Dimana Ponpes itu juga disinyalir berfiliasi dengan kelompok Negara Islam Indonesia (NII). 

Dosen Unida Gontor Bambang Setyo Utomo menegaskan, Panji Gumilanga sempat mondok di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) usai menamatkan Sekolah Rakyat (SR) di Gresik. Namun kata Bambang, Panji tak sampai menamatkan studinya di Gontor karena berbagai alasan. Dengan demikian, Panji tidak dapat dikatakan sebagai alumni Gontor. 

Baca Juga: Terkuak Terang Benderang, Moeldoko Ternyata Sempat Bolak-balik ke Al-Zaytun Agendanya Bikin Kaget, Beneran Jadi Pembeking Nih?

Bambang melanjutkan setela mondok di Gontor beberapa saat, Panji keluar dan melanjutkan kuliah Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga menjadi pimpinan Pesantren Al-Zaytun di Indramayu, Jawa Barat.

Terkait pernyataan dan pertanyaan mengenai kontroversi Panji Gumilang, Bambang menyebut bahwa hal itu memang sempat menjadi buah bibir para guru di Gontor.

"Sempat dibahas dan disinggung juga saat perkumpulan guru," ujar Bambang dilansir Rabu (27/6/2023).

Bambang menegaskan tak akan gegabah dalam membeberkan informasi terkait hal sensitif tersebut. Ia memilih untuk menunggu hasil koordinasi dengan Kiai terkait pernyataan kontroversi Panji mengenai pendidikannya di Kampus ternama tersebut.

"Informasi lebih lanjut kami akan sampaikan lagi, karena masih dikoordinasikan dengan beliau (Kiai),”  pungkas Bambang.

Dikutip dari berbagai sumber, sebelum mengenyam studi di UIN Syarif HidayatuLlah Jakarta, panji diketahui memulai pendidikan formalnya di Sekolah Rakyar (SR).

Setelah lulus ia melanjutkan pencarian ilmunya ke Pondok Pesantren Modern, yakni di Ponpes Darussalam Gontor (PMDG), hal ini diketahui dari sebuah tesis Program Pascasarjana IAIN Ponorogo (2019).

Tesis tersebut diketahui berjudul, Implementasi Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, yang disusun oleh Iif Atikah. Dimana dalam tesis tersebut menerangkan sederet nama-nama orang penting yang merupakan alumni Pondok tersebut.

Seperti diantaranya tokoh Islam Indonesia Hasyim muzadi, mantan Menteri Agama Indonesia Lukman Hakim Saifudin, dan masih banyak nama lagi.

"Muhammad Maftuh Basyuni mantan Menteri Agama RI, Hidayat Nur Wahid Wakil Ketua MPR RI, Adnan Pandu Prajamantan, Abdussalam Panji Gumilang pimpinan Pesantren Al-Zaytun Indramayu," tulis Iif dalam tesisnya.

Sebelumnya, nama Panji Gumilang menjadi sorotan karena pernyataan-pernyataan dan tata cara ibadah menyimpangnya yang diduga keluar dari Aqidah Islam.

Baca Juga: Disebut Jadi Pembeking Al-Zaytun, Moeldoko Langsung Ngegas, Eh.. Tapi Ngaku Akrab Sama Panji Gumilang Tuh: Emang Nggak Boleh Kenal Sama Dia?

Baca Juga: Dibongkar Lagi, Semua Santri dan Pengurus Al-Zaytun Anggap Megawati Ratu Balqis, Panji Gumilang Jadi Nabi Baru

Seperti cara shalat Ied yang tak lazim, pernyataan mazhab Bung Karno yang di pakai di Al-Zaytun, taubat dosa zinah hanya dengan membayar sejumlah uang, hingga menyebut Al-Qur'an bukan merupakan kalam Allah, melainkan hasil pemikiran RasuluLlah.

Adapun sederet kontroversi yang sangat membekas ialah mengubah salam dan menyanyikan lagu yahudi, tak perlu melaksanakan haji di tanah arab melainkan dilaksanakan di Indramayu saja, juga wanita boleh menjadi imam dan khatib.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover