SBY Bicara Lantang Dalam Buku Terbarunya Soal Upaya Penjegalan Anies, PDI Langsung Ngegas Balik: Gagal Nyapres Kok Nyalahin Pemerintah!

SBY Bicara Lantang Dalam Buku Terbarunya Soal Upaya Penjegalan Anies, PDI Langsung Ngegas Balik: Gagal Nyapres Kok Nyalahin Pemerintah! Kredit Foto: Dok. Pribadi

Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu angkat bicara menanggapi pernyataan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam buku terbarunya yang berjudul "The President Can Do No Wrong: Pilpres 2024 & Cawe-Cawe Presiden Jokowi".

Di Mana dalam buku itu SBY blak-blakan menyebut Jokowi menginginkan hanya 2 pasangan calon saja yang bertarung pada Pilpres 2024 mendatang. Hal ini yang kemudian disimpulkan banyak pihak sebagai upaya Jokoi menjegal Anies Baswedan pada Pilpres mendatang. 

Baca Juga: Terkuak Terang Benderang, Moeldoko Ternyata Sempat Bolak-balik ke Al-Zaytun Agendanya Bikin Kaget, Beneran Jadi Pembeking Nih?

Menurut Masinton, gagalnya seorang bakal calon menuju pentas Pilpres jelas bukan urusan pemerintah. Hal itu kata disebabkan sejumlah faktor, misalnya elektabilitas capres yang tak menjanjikan atau bisa saja karena persyaratan administrasi yang tak lengkap dari partai pendukung.

"Jadi kalau ada capres yang gagal maju, itu bukan datang dari pemerintah, pemerintah tidak mungkin melanggar konstitusi membatasi hak konstitusional orang," kata Masinton di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta dikutip Rabu (28/6/2023).

Menurutnya pertanyaan mengapa capres gagal maju seharusnya ditanyakan dulu keseriusan dari partai-partai pendukung di koalisi.

"Jadi, kalau ada yang sampai tidak bisa nyalon, kan syaratnya 20 persen ya kan, jadi ditanyakan partai-partai politik yang akan mengusung keseriusan dari masing-masing partai politik tadi," ujar Masinton.

Masinton lantas mengibaratkan dengan sebuah pesawat. Menurutnya bila pesawat tidak bisa terbang maka jangan langsung menyalahkan udara. Melainkan perlu dicek permasalahan di internal seputar pesawat itu sendiri.

"Kalau nggak bisa terbang jangan salahkan udara dong. ya kan, jangan dibilang udaranya yang enggak bersahabat kalau nggak bisa terbang. periksa dong sayapnya, ya kan, kalau pesawat engine-nya ya kan, pilotnya. Jangan-jangan pilotnya enggak bisa nerbangin pesawat ya kan, yang disalahkan udara," tutur Masinton.

Diketahui, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menulis buku berjudul "The President Can Do No Wrong: Pilpres 2024 & Cawe-Cawe Presiden Jokowi". Buku setebal 24 halaman yang tidak akan dijual untuk umum melainkan hanya untuk para kader itu berisi pandangan pribadi SBY seputar Pilpres 2024 dan berbagai isu yang mewarnainya.

Baca Juga: Buset! Dokter Tifa Berani Betul Labrak Jokowi: Mas Anies Punya Salah Apa Sama Bapak? Dia Tokoh Kunci yang Bikin Bapak Jadi Presiden!

Baca Juga: Profesor Pembeking Anies Ngomong Sampai Tarik Urat Padahal Sebar Hoaks, Ketahuan, Minta Maaf Lalu Anggap Masalah Beres, Musni Oh.. Musni!

Sesuai judul bukunya, Presiden RI ke-6 itu juga menyinggung dugaan keikutsertaan Presiden Jokowi dalam Pilpres 2024 atau yang disebut cawe-cawe. Simak keresahan SBY di buku 'Pilpres 2024 & Cawe-Cawe Jokowi' berikut ini.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover