Omongan Kuasa Hukum Johnny Plate Tegas Banget: Pak Jokowi Nggak Bakal….

Omongan Kuasa Hukum Johnny Plate Tegas Banget: Pak Jokowi Nggak Bakal…. Kredit Foto: Youtube

Kuasa hukum Johnny G Plate, Achmad Kholidin angkat bicara setelah nama Presiden Joko Widodo tiba-tiba muncul dalam kasus korupsi BTS yang menyeret kliennya. Dimana baru-baru ini muncul sebuah framing yang menyebutkan Johnny Plate menyeret nama dan melempar tanggung jawab kasus korupsi BTS Bakti Kominfo kepada Presiden.

Achmad Kholidin, kasus yang menyeret kliennya tak ada sangkut pautnya dengan kepala negara. Dia bilang yang disampaikan kliennya dalam eksepsi adalah proyek BTS 4G merupakan program resmi pemerintah untuk mempercepat transformasi digital sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo. Ja a

Baca Juga: Omongan Rizieq Shihab Bikin Bergidik! Indonesia Bakal Diacak-acak dan Bagi Jadi Beberapa Negara

"Narasi yang muncul di publik kan seolah-olah Pak Johnny lempar tanggung jawab ke presiden terkait dugaan kasus ini. Itu tidak benar, Pak Johnny hanya menjelaskan bahwa pengadaan BTS 4G 2020-2022 adalah penjabaran pelaksanaan dari arahan Presiden RI yang disampaikan dalam berbagai rapat terbatas dan rapat internal kabinet," ujar Achmad kepada wartawan, Rabu (5/7/2023).

Johnny Plate, kata Achmad menyampaikan hal tersebut untuk menjawab dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menyebutkan proyek pembangunan BTS seolah-olah insiatif pribadi Johnny G Plate untuk 'merampok uang negara'. Menurut Achmad, hal tersebut dibantah Johnny Plate karena proyek tersebut merupakan pengejawantahan dari arahan Presiden Joko Widodo dalam beberapa kali rapat.

"Eksepsi itu formil menjawab dakwaan jaksa. Dalam dakwaan JPU, proyek pembangunan BTS seolah-olah insiatif pribadi Pak Johnny Plate untuk 'merampok uang negara'. Padahal kebijakan itu dibahas melalui ratas-ratas di mana pemerintah (presiden) memandang pentingnya percepatan transformasi digital," jelas Achmad. 

Achmad menegaskan, eksepsi merupakan jawaban atas dakwaan yang tidak teliti dan tidak cermat serta tidak berdasarkan fakta penyidikan oleh JPU. Karena itu, kata dia, Johnny Plate menjawab dengan menjelaskan background dari proyek BTS dan tidak ada maksud menyeret nama Presiden Jokowi.

Baca Juga: Disebut-sebut Jadi Bekingan Al-Zaytun, Moeldoko Akhirnya Blak-blakan Soal Hubungannya Dengan Panji Gumilang, Mohon Jangan Kaget!

Baca Juga: Menteri Jokowi Utak-atik JIS, Faizal Assegaf Teriak Lantang Sampai Bawa-bawa Kebun Binatang: Kita Perlu Berubah Sifat Hewani!

"Eksepsi tidak bermaksud menyeret nama presiden seperti yang di-framing beberapa pihak. Dalam eksepsi atas dakwaan JPU  tersebut, salah satunya berisi background  dari proyek strategis nasional BTS 4G 2020-2022 yang berawal dari keputusan ratas dan atas arahan presiden, bukan seperti isi dakwaan yang mendakwa klien kami seolah proyek tersebut atas inisiatif pribadi Pak Johnny G Plate untuk merampok uang negara," pungkas Achmad.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover