Eng-Ing-Eng, Selain Penistaan Agama, Panji Gumilang Kembali Diseret Dua Kasus Baru, Ancaman Penjaranya Lama Banget!

Eng-Ing-Eng, Selain Penistaan Agama, Panji Gumilang Kembali Diseret Dua Kasus Baru, Ancaman Penjaranya Lama Banget! Kredit Foto: Istimewa

Bareskrim Polri menemukan indikasi kasus baru yang dilakukan pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang. Selain dugaan penistaan agama, Panji juga disinyalir menyebarkan ujaran kebencian dan berita bohong. Kalau terbukti Panji Gumilang bisa dipenjara 10 tahun untuk dua kasus terakhir.  

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan, dalam dugaan kasus terbaru itu, Panji Gumilang terancam dijerat Undang-undang ITE dan Peraturan Hukum Pidana. Meski demikian dia tidak menjelaskan secara terperinci mengenai dugaan dua kasus baru. 

Baca Juga: Ngotot Membantah Jadi Bekingan, Jejak Moeldoko dan Kartu Sakti Buat Panji Gumilang Dibongkar Habis Pendiri Al-Zaytun, Auto Mingkem Bos!

"Ditemukan oleh penyidik pidana lain dengan persangkaan tambahan, yaitu Pasal 45a Ayat (2) Juncto Pasal 28 Ayat (2) Undangan-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau Pasal 14 Undangan-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana," kata Djuhandhani kepada wartawan Kamis (6/7/2023).

Adapun Panji Gumilang dilaporkan sejumlah pihak setelah berbagai ajaran tak lazimnya di Al-Zaytun terendus publik baru-baru ini. Salah satu pihak yang ikut memperkarakan Panji Gumilang adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam kasus ini, Panji Gumilang berpeluang besar menjadi tersangka. Bareskrim Polri menaikan status perkara ini ke tahap penyidikan setelah menemukan adanya unsur pelanggaran pidana usai memeriksa Panji Gumilang pada awal pekan kemarin serta meminta keterangan saksi dan ahli. 

"Kami sampaikan selesai pemeriksaan penyidik telah gelar perkara bahwa perkara kita tingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan," kata Djuhandhani. 

Baca Juga: Ubah Cara Shalat, Ganti Kalimat Syahadat Sampai Bilang Alquran Karangan Nabi, Panji Gumilang: Masa Gegara Itu Saya Dicap Menista Agama!

Baca Juga: Menteri Jokowi Utak-atik JIS, Faizal Assegaf Teriak Lantang Sampai Bawa-bawa Kebun Binatang: Sifat Hewani, Kita Perlu Perubahan!

Terkait pemeriksaan terhadap Panji saat itu, kata Djuhandhani, penyidik total melayangkan 26 pertanyaan. Mulai dari sejarah Ponpes Al Zaytun hingga video terkait pernyataan Panji yang diduga mengandung unsur penistaan agama. 

"Yang bersangkutan menjawab semua dan mengakui bahwa yang ada di video memang benar yang dilakukan yang bersangkutan," jelas Djuhandhani. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover