Berani Sebut Jokowi Firaun, Ternyata Cak Nun Suruhan Keluarga Cendana, Apa Benar?

Berani Sebut Jokowi Firaun, Ternyata Cak Nun Suruhan Keluarga Cendana, Apa Benar? Kredit Foto: Instagram/@caknundotcom

Sebuah video yang menarasikan Cendekiawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) berani sebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) firaun ternyata disuruh oleh keluarga cendana beredar di salah satu media sosial Youtube.

Kabar itu dibagikan oleh akun POLITIK NUSANTARA tayang pada Selasa (11/7/2023). 

“PANTAS CAK NUN BERNI SEBUT JOKOWI FIRAUN..TERNYATA SURUHAN KELUARGA CENDANA!,” judul video.

“TERNYATA SURUHAN KELUARGA CEND4NA?! PANTAS BERANI HINA JOKOWI.. INI PENYEBABNYA,” tulis disampul video.

Unggahan itu seolah menarasikan keluarga cendana yang memerintahan Cak Nun untuk menghina Jokowi firaun.

Namun, usai ditelusuri dan menonton video yang berdurasi 10 menit 6 detik itu, tidak ditemukan tayangan Cak Nun berani sebut Jokowi Firaun karena disuruh oleh keluarga cendana.

Baca Juga: Heru Budi Bilang JIS Sudah Bagus Nggak Perlu Revitalisasi, Loyalis Anies Koar-koar: Makin Banyak yang Akui Keberhasilan Anies!

Narator dalam video hanya menjelaskan artikel dari wartaekonomi.co.id yang berjudul, “Omongannya Dianggap Ngawur! Pengamat Singgung Soal Adanya 'Pesanan' di Balik Ucapan Kontroversial Cak Nun 'Jokowi bak Firaun'.”

Baca Juga: Nasdem Nggak Jadi Umumkan Cawapres Anies? Dinyinyir Habis-habisan Nih: Ditolak Mbak Yenny, Langsung Bingung, Tadinya Mah…

Artikel tersebut berisikan pernyataan pengamat Rudi S Kamri yang memberikan kritikan kepada Cak Nun. Ia menyayangkan Cak Nun menyamakan Jokowi dengan Firaun dan mengategorikan sebagai penghinaan karena sudah berada di luar batas kewajaran.

Dengan demikian, isi dan judul tidaklah sesuai. Video yang menyebutkan Cak Nun disuruh oleh keluarga Cendana menghina Jokowi itu adalah tidak benar atau hoaks. Faktanya, tidak ada informasi atau bukti atas klaim terkait. Hal itu merupakan klaim yang salah.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover