Pakai Banyak Nama Samaran, Identitas Asli Panji Gumilang Akhirnya Terbongkar, Ternyata Bukan Orang Sembarangan, Sosoknya Bahaya Banget!

Pakai Banyak Nama Samaran, Identitas Asli Panji Gumilang Akhirnya Terbongkar, Ternyata Bukan Orang Sembarangan, Sosoknya Bahaya Banget! Kredit Foto: Istimewa

Peneliti Lembaga Pengkajian dan Penelitian Islam (LPPI) Taufik Hidayat mengaku pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang adalah Abu Totok yang tak lain adalah pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Komandemen Wilayah (KW) 9.

Untuk menggambarkan berbagai berbagai aktivitasnya dia mendirikan Ponpes Al-Zaytun dan mengganti identitas dirinya supaya tak terdeteksi. Taufik Hidayat menegaskan, jelas Panji Gumilang adalah orang yang sangat berbahaya. 

Baca Juga: Akui Kenal Panji Gumilang Setelah Disebut-sebut Jadi Bekingan Al-Zaytun, Eks Kepala BIN Hendropriyono: Dia Orang NII, tapi…

Taufik Hidayat menegaskan, pihaknya mengetahui identitas asli Panji Gumilang saat dirinya dan sejumlah peneliti dari LPPI melakukan wawancara pada 1999. Dalam wawancara itu, Panji Gumilang mengakui hal itu. 

"Kami berhasil mewawancarai Panji Gumilang, hampir lima jam. Jadi waktu itu benar-benar kita kulitilah Panji Gumilang itu sampai pada akhirnya Panji bilang mengakui bahwasannya memang dia adalah Abu Totok karena di kalangan teritorial orang tahunya itu adalah Abu Totok," kata Taufik Hidayat dalam sebuah diskusi dilansir Populis.id Rabu (12/7/2023).

Temuan dalam wawancara tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan menelusuri jejak Panji  Gumilang di Pondok Pesantren Gontor. Di Ponpes itu yang bersangkutan pernah menimba ilmu di sana walau tak sampai tamat. 

Dalam penelusuran itu Taufik Hidayat dan timnya menemukan buku induk yang mencantumkan nama Panji Gumilang sebagai Abdussalam. Identitas samaran ini pula yang dipakai Panji Gumilang dalam berbagai dokumen penting termasuk mengurus dokumen perbankan. 

Baca Juga: Pemerintah Akhirnya Putuskan Nasib Ponpes Al-Zaytun, Kata-kata Pak Mahfud Benar-benar Bikin Kaget, Pasang Kuping Baik-baik!

Baca Juga: Sebut JIS Proyek Cacat, Anak Buah Haji Giring Minta Semua Pendukung Anies Tutup Mulut: Itu Monumen Kegagalan yang Dibangun Asal-asalan

"Kami cari di buku induk akhirnya menemukan namanya Abdussalam. Itu Panji Gumilang," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover