Penjegalan Anies Masih Digembar-gembor, Anas Urbaningrum Merespons, Kalau Gagal Nyapres Gegara Koalisinya Bapuk Itu Bukan Penjegalan!

Penjegalan Anies Masih Digembar-gembor, Anas Urbaningrum Merespons, Kalau Gagal Nyapres Gegara Koalisinya Bapuk Itu Bukan Penjegalan! Kredit Foto: AFP

Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Anas Urbaningrum angkat bicara merespons klaim dari Koalisi Perubahan soal penjegalan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

Dari pengamatannya, Anas Urbaningrum mengaku sejauh ini tak pernah melihat adanya upaya untuk menggagalkan langkah Anies Baswedan menuju Pilpres 2024. Dia menegaskan tak ada penjegalan dari pihak tertentu untuk capres atau calon wakil presiden tertentu. 

Baca Juga: Geger! Anies Baswedan Ditahan Paspampres Gegara Ketahuan Buntuti Presiden Jokowi, Alamak

"Sejauh yang saya amati, bertahun-tahun di Bandung, tiga bulan dari Jakarta. Menurut saya tidak ada satu pun capres atau bacapres yang dijegal. Artinya dijegal dengan cara yang tidak lazim, menurut saya, tidak ada," kata Anas dilansir Minggu (16/7/2023)

Anas menilai situasi yang ada sekarang ini hanya sebatas dinamika membangun kekuatan politik dan menjaga soliditasnya. Artinya koalisi-koalisi parpol yang terbentuk sekarang ini masih berdialektika menentukan pasangan capres-cawapres.

"Bacapres (bakal capres) A misalnya masih berproses koalisinya, bacapres B juga masih berproses. Bacapres c juga begitu. Saya tidak tahu apakah nanti ada bacapres D misalnya. Tapi semua itu saya lihat masih dalam konteks konsolidasi koalisi," ujarnya.

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini menegaskan, jika salah satu capres gagal didaftarkan sebagai pasangan capres-cawapres konsekuensi dari syarat ambang batas pencalonan, hal itu bukan upaya penjegalan. Adapun narasi penjegalan kerap disuarakan pendukung Anies Baswedan yang terdiri atas gabungan Nasdem, Demokrat, PKS dan relawan.

Baca Juga: Pasang Badan Bela Panji Gumilang, Hidung Ngabalin Kena Tunjuk, Habib Bahar, Tantangan dari Habib Bahar Nggak Main-main: Hei Ali Ayo Kita…

Baca Juga: Surya Paloh CS Ajak Anies Baswedan Gelar Konsolidasi Akbar di GBK, Eh Kena Diceletukin: Mungkin JIS Nggak Masuk Standar NasDem!

"Jadi saya tegaskan saya melihat tidak ada bacapres yang dijegal secara tidak wajar di luar jalur politik. Kalau terjegal karena tidak mampu melahirkan koalisi yang cukup, bukan penjegalan namanya," kata eks Komisioner KPU.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover