Sejumlah Warganya Mas Anies Terinfeksi Omicron, Mohon Simak Omongan Pak Wagub

Sejumlah Warganya Mas Anies Terinfeksi Omicron, Mohon Simak Omongan Pak Wagub Kredit Foto: Galih Pradipta

Sebanyak empat warga Jakarta dikabarkan terpapar Covid-19 varian baru  B.1.1.529 atau Omicron. Kabar ini heboh setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi mengeluarkan pernyataan itu. Disebutkan warga Jakarta  yang terpapar varian baru Covid-19 itu diketahui melalui uji laboratorium Farmalab, Cikarang. 

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan,bahwa kabar tersebut adalah berita bohong alias hoks. Politisi Gerindra itu mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan setempat telah melakukan penelusuran untuk memastikan kabar tersebut. 

Baca Juga: Selain Mengagumi Anies Baswedan, Rektor Ini Juga Jatuh Cinta Sama FPI: Mereka Sangat Berjasa

"Sudah kami cek, itu kan informasi dari Kabupaten Bekasi, namun setelah kami cek melalui Dinkes sampai tadi belum ada,” kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (9/12/2021). 

Demi meminimalkan ancaman Covid-19 varian baru yang disebut-sebut jauh lebih berbahaya dari generasi sebelumnya itu,Ariza mengaku, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus menggencarkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan. Di sisi lain, upaya vaksinasi juga  terus digenjot. 

Baca Juga: Siskaeee Pakai Hijab, Novel 212 Mendidih, Omongannya ke Polisi Nggak Kira-kira

"Yang paling penting vaksin dan protokol kesehatan harus dijalankan dengan baik," ucapnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan pihaknya secara aktif melakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) setiap harinya untuk mendeteksi varian baru Covid-19 itu.

“Setidaknya sudah 2.500 spesimen diperiksa dan 40 persen di antaranya adalah variant of concern dan sejauh ini tidak ditemukan varian Omicron. Pemeriksaan WGS sendiri dilakukan di Litbangkes Kemenkes RI dengan beberapa lab WGS jejaring Litbangkes di DKI Jakarta,” kata Widyastuti.

Secara periodik, Dinkes DKI selalu mendapatkan hasil pemeriksaan WGS melalui Litbangkes Kemenkes RI. Namun, kata Widi, hingga saat ini belum ditemukan Omicron.

Baca Juga: Anies Baswedan Dinilai Tak Becus, Sumur Resapan Dibahas-bahas

"Penguatan surveilans WGS dan 3T terus ditingkatkan, selain upaya 6M dan vaksinasi yang optimal,” pungkasnya.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini