Ganjar dan Jokowi Syok Berat, KIB Gabung Koalisi Perubahan Dukung Anies, Benarkah?

Ganjar dan Jokowi Syok Berat, KIB Gabung Koalisi Perubahan Dukung Anies, Benarkah? Kredit Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sebuah video yang menarasikan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP sepakat gabung dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 beredar di salah satu media sosial Youtube tayang pada Minggu (24/7/2023).

Kabar itu diunggah oleh akun TEROPONG ISTANA yang diberikan judul, “GANJ4R & JKW SYOK BER4T !! GABUN9 PERUBAH4N, KETUM KIB SEPAK4T DUKUNG AN1ES DI 2K24 || BERITATERBARU.”

“KEPUTUSAN FIN4L K1B 3 KETUM TAND4TANGANI KESEPAK4TAN GABUNG KO4LISI AN1ES,” tulis disampul video.

Unggahan itu seolah-olah menarasikan jika para ketua umum KIB sepakat gabung Koalisi Perubahan untuk mendukung Anies.

Setelah menonton video tersebut, tidak ditemukan tayangan KIB dukung Anies. Video yang berdurasi 8 menit itu juga tidak menunjukkan bukti adanya KIB gabung Koalisi Perubahan dukung Anies di Pilpres 2024 hingga membuat Presiden Jokowi dan Ganjar Prabowo syok berat.

Baca Juga: Geger Luhut Tak Butuh Perubahan hingga Sebut AHY Kampungan, Demokrat Langsung Meradang: Hidup Anda Terlalu Lemak!

Dalam video narrator hanya menyampaikan mengenai pengurus simpul relawan Kuning Ijo Biru (KIB) pernah menyambangi Kantor partai yang mencalonkan Anies sebagai bakal acalon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) di Pilpres 2024.

Baca Juga: Golkar Gabung Koalisi Perubahan, Dukung Anies di Pilpres 2024, Benarkah?

Dengan demikian, isi dan judul tidak sesuai. Video yang menarasikan KIB gabung Koalisi Perubahan dukung Anies di Pilpres 2024 itu adalah tidak benar atau menyesatkan. Faktanya, tak ada informasi atau bukti atas klaim terkait.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover