Diakui Sama Loyalisnya, Anies Baswedan Keturunan Arab Tapi Paling Ngerti Budaya Jawa

Diakui Sama Loyalisnya, Anies Baswedan Keturunan Arab Tapi Paling Ngerti Budaya Jawa Kredit Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.

Loyalis Anies Baswedan Eko Widodo mengakui bakal calon presiden usungan Koalisi Perubahaan itu memang seorang tokoh keturunan Arab. Meski demikian soal nasionalisme dan komitmen menjaga NKRI sikap Anies Baswedan tak perlu dipertanyakan lagi. 

Baca Juga: Cuma Jadi Tim Hore, Sebegitu Rendahnya AHY di Mata NasDem, Berbulan-bulan Kasih Kode tapi Tetap Tak Dianggap!

Eko mengatakan, sebagai warga keturunan Anies Baswedan ternyata menjadi salah satu tokoh yang paling paham budaya Jawa. Anies kata Eko bahkan sangat kental dengan budaya jawanya sehingga kata dia eks Gubernur DKI Jakarta itu memang menjadi calon presiden idola rakyat. 

“Anies memang tidak punya darah Jawa. Tapi dia yang paling memahami & kental dengan budaya Jawa. Capres idola!,” kata Eko dalam sebuah cuitan di akun twitternya dilansir Selasa (15/8/2023). 

Sebelumnya, Anies yang juga merupakan Eks Mendikbud itu mengenakan pakaian Ageman Peranakan Jawa dan blangkon saat berkunjung ke Masjid Gedhe Mataram Kotagede di Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY, Minggu (13/8/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Mantan Rektor Paramadina ini mengunjungi makam Panembahan Senapati yang terletak di belakang masjid.

Diketahui Anies merupakan tokoh berketurunan Arab, sekaligus cucu dari Abdurrahman Baswedan, seorang jurnalis, diplomat, dan pejuang kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Lawan Megawati di Pilpres 2024 Sangat Berat, Selain SBY dan Surya Paloh, Jokowi Juga Jadi Musuh Baru!

Baca Juga: Ogah Dukung Ganjar, Ade Armando Sebut Golkar - PAN Nggak Nyaman Sama PDIP Karena Terlalu Sombong: Mendingan Berubah Deh Kalian!

Dia merupakan putra bungsu dari mantan dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Rasyid Baswedan dan guru besar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Aliyah Rasyid.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover