Demokrat dan PKS Nyatakan Hengkang dari Koalisi, Anies Gagal Nyapres, Benarkah?

Demokrat dan PKS Nyatakan Hengkang dari Koalisi, Anies Gagal Nyapres, Benarkah? Kredit Foto: Istimewa

Sebuah video terkait Anies Baswedan gagal jadi capres karena Partai Demokrat dan PKS nyatakan keluar dari Koalisi beredar disalah satu media sosial.

Kabar tersebut diunggah oleh akun Youtube PINTER POLITIK yang berjudul, “gegar ribut Nasdem dan Demokrat soal utang buat hancur semua nya, nasib Anies di ujung tanduk.”

“ANIES POSITIF GAGAL NYAPRES! DEMOKRAT DAN PKS NYATAKAN HENGKANG DARI KOALISI,” narasi disampul video.

Unggahan itu seolah-olah menarasikan bahwa Partai Nasdem dan Demokrat ribut soal utang, sehingga nasib Anies menjadi capres gagal. Partai Demokrat dan PKS menyatakan keluar dari Koalisi.

Setelah menonton video, tidak ditemukan tayangan Demokrat dan PKS keluar dari Koalisi. Video yang berdurasi 10 menit 5 detik itu juga tidak menunjukkan bukti bahwa Anies gagal nyapres.

Baca Juga: Anies Diancam Harus Jadi Cawapres Ganjar, Apa Benar?

Dalam video, narrator hanya menyampaikan mengenai Pernyataan terbaru Surya Paloh yang menyebut penentuan cawapres untuk Anies Baswedan akan dilakukan “last minute” kembali menimbulkan ketidaksetujuan dari Partai Demokrat. Hal itu sebagai salah satu poin penguat perbedaan pendapat di antara dua partai itu. Bahkan, beberapa pihak menyebutkan bahwa sebetulnya peliknya persoalan yang ada jauh lebih dalam, termasuk soal finansial kampanye. Adanya peluang Demokrat bergabung dengan koalisi PDIP memang membuat posisi Anies menjadi sulit.

Baca Juga: Tak Disangka-sangka Megawati Akan Pasangkan Ganjar dengan Mahfud Md di Pilpres 2024, Benarkah?

Dengan demikian, video yang menarasikan Demokrat dan PKS keluar dari Koalisi, hingga Anies gagal nyapres adalah tidak benar. Faktanya, tak ada informasi atau pernyataan resmi atas klaim tersebut.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover