Samakan Jokowi dengan Penjahat, Benarkah Rizal Ramli Ditindak Tegas Polri?

Samakan Jokowi dengan Penjahat, Benarkah Rizal Ramli Ditindak Tegas Polri? Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Sebuah video terkait Presiden Joko Widodo (Jokowi) disamakan dengan penjahat oleh Rizal Ramli beredar disalah satu media sosial.

Kabar tersebut dibagikan oleh akun Youtube PINTER POLITIK pada 22 Agustus 2023.

Unggahan itu seolah menarasikan Polri tindak tegas Rizal Ramli yang menyamakan Presiden Jokowi dengan penjahat.

“penjemputan paksa langsung dilakukan,Rizal Ramli tak berdaya hingga begini,” judul video.

“LANGSUNG DICIDUK SAMAKAN JOKOWI DENGAN PENJAHAT BELUM 24 JAM, SERENTAK POLTI BERI TINDAKAN TEGAS,” narasi disampul video.

Setelah menonton video, tidak ditemukan tayangan Rizal Ramli dijemput paksa oleh Polri.

Video yang berdurasi 10 menit 5 detik itu juga tidak menunjukkan bukti bahwa Polri tindak tegas Rizal Ramli yang menyamakan Jokowi dengan penjahat.

Baca Juga: Surya Paloh dan Anies Minta Polisi Tangkap Jokowi yang Terlibat Suap KPU, Benarkah?

Dalam video, narrator hanya menyampaikan sebuah artikel dari salah satu media online yang berjudul, “Makin Panas, Rizal Ramli Sebut Jokowi Tak Lebih Baik dari Soeharto dan Gus Dur,” tayang pada 22 Februari 2022.

Artikel tersebut berisikan kritik-kritik terhadap Presiden Jokowi terus datang dari berbagai kalangan, salah satunya dari, Ekonom senior, Rizal Ramli. Melalui cuitan di Twitternya, kali ini dia mengkritik Jokowi terkait pemilihan menteri di kabinet Indonesia bersatu jilid II. Baginya, para figur yang menduduki kursi menteri tak lebih sebatas ‘politik bayar utang’ atau utang politik semata.

Baca Juga: Surya Paloh dan Anies Minta Polisi Tangkap Jokowi yang Terlibat Suap KPU, Benarkah?

Dengan demikian, video yang menarasikan bahwa Polri tindak tegas Rizal Ramli yang menyamakan Jokowi dengan penjahat adalah tidak benar atau hoaks. Faktanya, tak ada informasi atau pernyataan resmi atas klaim terkait.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover