Ahok Diancam PA 212, Jokowi Perintahkan Polri Lakukan Tindakan Tegas, Benarkah?

Ahok Diancam PA 212, Jokowi Perintahkan Polri Lakukan Tindakan Tegas, Benarkah? Kredit Foto: Hiro

Sebuah video terkait Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam ancaman PA 212 beredar disalah satu media sosial.

Kabar itu diunggah oleh akun Youtube Suara Politik pada 24 Agustus 2023.

Unggahan itu seolah menarasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan TNI dan Polri untuk tindak tegar PA 212 yang memberikan ancaman kepada Ahok. 

“VIRAL || AHOK DALAM ANCAMAN ORMAS PA 212, JOKOWI PERINTAHKAN TNI POLRI LAKUKAN TINDAKAN TEGAS,” judul video.

“TNI POLRI JAGA AHOK SUPER KETAT ANCAMAN PA 212 MENGERIKAN, JOKOWI PERINTAHKAN LAKUKAN TINDAKAN,” narasi disampul video.

Setelah menonton video, tidak ditemukan tayangan Jokowi perintahkan TNI dan Polri tindak tegas PA 212. Video yang berdurasi 10 menit 5 detik itu juga tidak menunjukkan bukti bahwa Ahok dalam ancaman PA 212.

Baca Juga: Habib Rizieq Deklarasikan Dukung Anies di Pilpres 2024, Benarkah?

Dalam video, narrator hanya membacakan ulang tulisan opini dari seword.com yang berjudul, “Langkah Kuda Jokowi Menekuk Rizieq Shihab,” tayang pada 11 Mei 2017. Tulisan tersebut berisikan narasi “Jokowi dikenal sebagai sosok presiden yang cukup lihai dalam memainkan politik simbol. Saat Ahok menjalani sidang vonis, justru ia malah asik bekerja dan mengunjungi beberapa tempat di Indonesia. Seperti, Jokowi menjajal jalanan Trans Papua yang telah berhasil ia bangun. Dia seolah ingin menunjuk kepada publik, tidak ada intervensi pemerintah terhadap kasus Ahok. Terbukti dengan vonis 2 tahun penjara yang diberikan kepada Ahok, lebih berat daripada tuntutan Jaksa Penuntut Umum ( JPU )”.

Baca Juga: Kadang Kesel dengan PDIP, Denny Siregar Blak-blakan: Tapi Kader Mereka Diperebutkan…

Dengan demikian, video yang menarasikan Presiden Jokowi memerintahkan TNI dan Polri untuk tindak tegar PA 212 yang memberikan ancaman kepada Ahok adalah tidak benar. Faktanya, tak ada informasi resmi atas klaim tersebut.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover