Nasdem Diduga Berkhianat, Benarkah Demokrat dan PKS Nyatakan Mundur dari Koalisi Perubahan?

Nasdem Diduga Berkhianat, Benarkah Demokrat dan PKS Nyatakan Mundur dari Koalisi Perubahan? Kredit Foto: Antara: Asprilla Dwi Adha

Sebuah video terkait Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan mundur dari Koalisi Perubahan beredar disalah satu media sosial.

Kabar itu diunggah oleh akun Youtube Politik Nusantara pada 25 Agustus 2023.

Unggahan itu seolah menarasikan bahwa Partai Nasdem diduga berknianat sehingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan PKS telah menyatakan mundur dari Koalisi Perubahan. 

“TELAN KORBAN !! AHY DAN PKS NYATAKAN MUNDUR..PALOH LANGSUNG PANIK HINGGA NGEMIS?2; BEGINI,” judul video.

“NASDEM DIDUGA BERKHIANAT AHY & PKS NYATAKAN MUNDUR MANUVER PALOH AKHIRNYA TELAN KORBAN JUGA,” narasi disampul video.

Setelah menonton video, tidak ditemukan tayangan Demokrat dan PKS mundur dari Koalisi Perubahan. Video yang berdurasi 10 menit 6 detik itu juga tak ada bukti yang menunjukkan bahwa Surya Paloh diduga berkhianat sehingga PKS dan Demokrat mundur.

Dalam video, narrator hanya menyampaikan sebuah artikel dari Populis.id, yang berjudul, “Anies Baswedan Turun Jadi Cawapresnya Ganjar, Harga Diri Nasdem, PKS dan Demokrat Hancur Lebur: Ini Sih Kalah Sebelum Berperang!.”

Baca Juga: Berani Dukung Anies Jadi Presiden, Jokowi Ancam Pejabat Negara, Benarkah?

Artikel tersebut hanya berisikan pernyataan dari Pengamat politik Ujang Komarudin ikut menyoroti wacana duet Ganjar Pranowo-Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Menurutnya, wacana yang digelindingkan PDI Perjuangan itu bisa saja terjadi, sebab NasDem sebagai pengusung utama Anies telah memberi lampu hijau dan menyambut baik wacana tersebut. Walau wancana itu dapat direalisasikan, namun, nilai tawar Anies jelas anjlok, karena tak akan diberikan jatah capres, Anies dipaksa puas di posisi cawapres.

Baca Juga: Tak Mau Nasdem Tenggelam, Surya Paloh Pilih Anies Berduet dengan Ganjar, Benarkah?

Dengan demikian, video yang menarasikan Partai Nasdem diduga berknianat sehingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan PKS telah menyatakan mundur dari Koalisi Perubahan adalah tidak benar. Faktanya, tak ada informasi atau pernyataan resmi atas klaim terkait.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover