Kubu Prabowo dan Anies Panik, Jokowi Bersumpah Menangkan Ganjar di Pilpres 2024, Benarkah?

Kubu Prabowo dan Anies Panik, Jokowi Bersumpah Menangkan Ganjar di Pilpres 2024, Benarkah? Kredit Foto: Istimewa

Sebuah video terkait Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersumpah untuk menangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 beredar disalah satu media sosial.

Kabar itu diunggah oleh akun Youtube POLITIK NUSANTARA pada 25 Agustus 2023. Unggahan itu seolah menarasikan bahwa sumpah Jokowi menangkan Ganjar di Pilpres 2024 membuat Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Surya Paloh panik.

“TEPAT SIANG INI !! SUMPAH JOKOWI UNTUK MENANGKAN GANJAR MENGGELEGAR..PRABOWO ANIS AHY & PALOH PANIK,” judul video.

“ALHAMDULILLAH…TEPAT SIANG INI JOKOWI BERSUMPAH AKAN MENANGKAN GANJAR PRABOWO…ANIS AHY & PALOH KIAN PANIK KETAKUTAN,” narasi disampul video.

Baca Juga: Nasdem Diduga Berkhianat, Benarkah Demokrat dan PKS Nyatakan Mundur dari Koalisi Perubahan?

Setelah menonton video, tidak ditemukan tayangan Presiden Jokowi bersumpah menangkan Ganjar di Pilpres 2024. Video yang berdurasi 10 menit 5 detik itu juga tidak menunjukkan bukti bahwa sumpah Jokowi menangkan Ganjar membuat kubu Prabowo dan kubu Anies panik.

Dalam video, narrator hanya menyampaikan mengenai Survei Mujani Research and Consulting (SMRC) yang merilis hasil survey yang dilandasi oleh efek dukungan presiden Jokowi terhadap capres. Hasilnya, para pemilih mendukung Ganjar Pranowo (40,6 persen); lalu hampir berjarak setengahnya ada Prabowo Subianto (28,3 persen) dan hanya menyisakan 11,9 persen untuk Anies Baswedan.

Baca Juga: Efek Habib Rizieq Shihab, Ribuan Ulama Berbondong-bondong Deklarasi Anies di Pilpres 2024, Benarkah?

Dengan demikian, video yang menarasikan Jokowi bersumpah menangkan Ganjar Pranowo dan membuat kubu Prabowo Subianto dan kubu Anies Baswedan panik adalah tidak benar. Faktanya, tak ada informasi atau pernyataan resmi atas klaim terkait.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover