Ribuan Soekarnois Dukung Anies Sebagai Capres di Pilpres 2024, Benarkah?

Ribuan Soekarnois Dukung Anies Sebagai Capres di Pilpres 2024, Benarkah? Kredit Foto: Antara: Asprilla Dwi Adha

Sebuah video terkait ribuan Soekarnois dukung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024 beredar disalah satu media sosial.

Kabar tersebut diunggah oleh akun Youtube SUARA RAKYAT pada 28 Agustus 2023.

“DUKUNGAN MEMBLUDAK!! PULUHAN RIBU SOEKARNOIS DUKUNG ANIES CAPRES 2024...,” judul video.

“BANTING SETIR DUKUNG ANIES PULUHAN RIBU SOEKARNOIS DUKUNG ANIES CAPRES 2024,” narasi disampul video.

Setelah menonton video, tidak ditemukan puluhan ribu Soekarnois dukung Anies sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2024.

Dalam video, narrator hanya menyampaikan sebuah artikel dari salah satu media online yang berjudul, “Para Kiai NU Jatim Usul 5 Nama Cawapres ke Anies Baswedan, Siapa Saja?.”

Baca Juga: Tuduh Gibran dan Kaesang Korupsi, Rizal Ramli dan Amien Rais Bakal di Proses Hukum, Benarkah?

Artikel tersebut berisikan sekitar 200-an kiai dan gus se-Jawa Timur mengusulkan lima nama bakal calon wakil presiden (Cawapres) RI kepada bakal Calon Presiden Anies Baswedan. Meski begitu, KH Nasirul Mahasin Nursalim dalam keterangan tertulisnya, saat musyawarah dalam agenda Tirakat untuk Keselamatan Umat dan Bangsa di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo, Surabaya, Kamis (10/8/2023) mengatakan, peserta musyawarah mengembalikan keputusannya kepada Anies Baswedan sendiri.

Baca Juga: Nyawa Anies Makin Terancam Jelang Pilpres 2024, Densus 88 Turun Tangan Tangkap 3 Pelaku Diduga Teroris Bayaran, Benarkah?

Dengan demikian, video yang menarasikan puluhan ribu Soekarnois dukung Anies sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2024 adalah tidak benar. Faktanya, tak ada informasi atau pernyataan resmi atas klaim terkait.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover