Bilang Joget-joget di HUT RI ke-78 di Istana Mirip Acara PKI yang Menari Pakai Lagu Genjer-genjer, Hei.. Roy Suryo Lu Minta Gue Kandangin?!

Bilang Joget-joget di HUT RI ke-78 di Istana Mirip Acara PKI yang Menari Pakai Lagu Genjer-genjer, Hei.. Roy Suryo Lu Minta Gue Kandangin?! Kredit Foto: Akurat

Bekas Narapidana kasus ujaran kebencian Roy Suryo kembali membetot perhatian publik dengan pernyataan kontroversial. Dimana Menpora era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengkritik acara perayaan HUT RI ke78 yang digelar di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2023 lalu. 

Roy keberatan dengan lagu Rungkad yang dinyanyikan dalam acara sakral tersebut, dimana lagu yang dibawakan jebolan America’s Got Talent 2023 Putri Ariani itu sukses bikin peserta HUT RI berjoget bersama. 

Baca Juga: Klaim Perusahan Milik Paloh Diganggu Gegara Dukung Anies Baswedan, Orang NasDem Langsung Diseruduk Kader Banteng

Roy Suryo mengatakan, acara pengibaran bendera merah putih yang diselingi lagu runkad dan acara joget-joget itu mirip acara Partai Komunis Indonesia sebelum pemberontakan 30 September (G30s PKI). Dimana para anggota PKI sempat menari diiringi lagu genjer-genjer. 

"Adegan goyang-goyang itu kayak adegan di film pengkhianatan G30/S itu. Kan ada adegan para pahlawan itu datang kemudian ada orang yang nari-nari," ujar Roy Suryo dalam sebuah diskusi dilansir Selasa (29/8/2023). 

"Ya (lagu genjer-genjer). Saya langsung ingat itu. Jadi ini benar-benar menodai justru. Jadi ini tidak bisa lepas dari siapa orang yang memasukkan lagu (Rungkad) itu," tuturnya.

Sepengatahuannya, kata Roy  lagu Rungkad berasal dari Bahasa Jawa. Ia mengetahui sejak kecil bahwa makna rungkad itu seperti jebol atau mirip dengan kata ambyar.

"Jadi, memang ada perluasan arti. Tapi, ini dalam bahasa tradisional, apa yang terjadi itu, maksudnya mau benar, tapi tidak benar. Maksudnya mau betul tapi jadi salah," ujar Roy Suryo.

Roy Suryo sejatinya berharap Upacara HUT ke-78 RI di Istana Negara seharusnya dipisahkan antara peringatan dengan kemeriahannya.

Pernyataan Roy ini memunculkan pro kontra publik. Warganet di media sosial Twitter tak sedikit yang memperingatkan Roy akan ancaman pidana. Pemilik akun Twitter @Ike Aremanita misalnya yang menyindir pedas Roy Suryo yang baru tiga bulan bebas dari penjara.

Baca Juga: Nama Koalisi Pengusung Prabowo Diganti Jadi Koalisi Indonesia Maju, Imin PKB Akui Deg-degan, Ngeri Bubar di Tengah Jalan!

Baca Juga: Koar-koar Nuding Putra Jokowi Korupsi, Mulut Besar Mbah Amien Diladeni Mas Gibran, Pasang Kuping Baik-baik!

"Roy Suryo mau gw kandangin lagi, Bro? ????" sahutnya geram sembari mengunggah ulang video pernyataan Roy Suryo.

"Sikat lagi aja yuk!" timpal netizen lainnya.

"Roy Suryo pamer Ketololan lagi. Apalin dulu sonoh lagu Kebangsaan Indonesia Raya!!" imbuh @Wagiman***.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover