Biografi Robert Owen: Bapak Sosialisme Inggris

Biografi Robert Owen: Bapak Sosialisme Inggris Kredit Foto: National Library of Wales

Robert Owen lahir pada 14 Mei 1771 di Newtown di Wales. Dia adalah anak keenam dari tujuh bersaudara yang lahir dari Robert Owen (Senior) yang merupakan penjual besi, pelana dan kepala pos.

Pada usia sepuluh tahun ia dikirim untuk bekerja di industri tekstil, dan pada usia 19 tahun ia telah memulai bisnisnya sendiri. Dia meminjam £100 dan memulai hidupnya sebagai pengusaha dan pembaharu sosial.

Baca Juga: Ade Armando Bilang Nggak Ada Perintah Salat 5 Waktu di Alquran, Faizal Assegaf: Mirip Gus Dur, Pengusung Logika Akal Pendek !

Dia dikenal sebagai 'Bapak Sosialisme Inggris' dan Owen, dalam banyak hal, berabad-abad lebih maju dari masanya dengan ide-idenya tentang utopia pekerja, reformasi sosialis, dan amal universal. Dia telah menjadi pembaca setia sejak usia muda dengan kecerdasan yang mempertanyakan dan haus akan industri dan peningkatan.

Owen adalah pendukung kuat ide-ide Pencerahan saat itu, terutama tertarik pada filsafat, moralitas, dan keadaan alami serta kebaikan manusia.

Dengan cara ini dia sependapat dengan banyak pemikir Pencerahan saat itu, seperti David Hume dan Francis Hutchinson (walaupun dia bisa dibilang tidak setuju dengan penekanan Hutchinson pada pentingnya kepemilikan pribadi dan pribadi).

Friedrich Engels juga penggemar karya Owen dan mengaitkan semua kemajuan kontemporer dalam hak dan kondisi pekerja, meskipun secara tidak langsung, dengan cita-cita yang dimulai oleh Owen.

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres Pengelolaan Dana Abadi Pesantren

Sejak tahun 1793, Owen menjadi anggota Manchester Literary and Philosophical Society, di mana ia dapat melenturkan otot-otot intelektualnya.

Pikiran saja tidak cukup bagi Owen, yang merangkap sebagai anggota komite Dewan Kesehatan Manchester, yang peduli dengan perbaikan nyata pada kesehatan dan kondisi kerja di dalam pabrik.

Owen memiliki banyak kepercayaan, tetapi dia juga seseorang yang menjalankan apa yang mereka yakini dalam cara dia menjalani hidupnya.

Antara usia 10 dan 19 tahun Owen bekerja di Manchester, Lincolnshire dan London, tetapi kemudian pada tahun 1799 sebuah kesempatan unik muncul yang akan menentukan warisan Owen.

Dia tidak hanya menikahi Caroline Dale, putri pengusaha dan pengusaha David Dale, tetapi dia juga membeli pabrik tekstil David Dale di New Lanark.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover