Apa Itu Owenisme?

Apa Itu Owenisme? Kredit Foto: National Library of Wales

Owenisme adalah gerakan sosialis utopis untuk reformasi sosial radikal, dan cikal bakal gerakan koperasi, berdasarkan ide-ide Robert Owen.

Teori politik dan sosial Robert Owen yang menganjurkan reorganisasi komunistik masyarakat

Gerakan ini dimulai pada tahun 1820-an, para pendukungnya memperjuangkan kerja sama, pemikiran bebas, dan kesetaraan sosial; menganjurkan sistem 'Agama Rasional' berdasarkan akal dan kebaikan.

Baca Juga: Kebejatan Herry Wirawan Yang Perkosa 12 Santriwati di Bandung Bukanlah Keseharian Pesantren!

Banyak dari cita-cita Owenites adalah yang humanis, dan menemukan gaung dalam masyarakat etis awal yang menjadi Humanis Inggris.

Ide-ide dan upaya orang-orang Owen adalah bagian dari campuran yang kaya dari gerakan sekuler abad ke-19, di mana masyarakat etis dalam banyak hal merupakan pewaris intelektual.

Sejarah dan pengaruh

Robert Owen adalah seorang pemilik pabrik dan dermawan Welsh, yang ide utamanya adalah bahwa karakter bukanlah bawaan, tetapi dibentuk sesuai dengan keadaan.

Kemiskinan bukanlah kualitas tetap dari individu-individu tertentu, dan masalah-masalah yang kemudian dengan mudah melekat padanya, seperti perilaku antisosial, kejahatan, dan kemelaratan, bukanlah fakta keberadaan yang tak terhindarkan.

Dengan demikian, dengan mengubah masyarakat dan sistemnya, kondisi manusia dapat diperbaiki. Owen menguji ide-idenya di pabrik New Lanark, mengurangi panjang hari kerja, menawarkan kesempatan pendidikan dan sosial kepada para pekerjanya, dan menyediakan sekolah dan makanan untuk anak-anak mereka.

Eksperimen ini secara dramatis meningkatkan produktivitas pabrik. Keberhasilan Owen tidak hanya mengarahkan fokusnya pada penerapan yang lebih luas dari ide-idenya kepada masyarakat, tetapi juga mempengaruhi banyak orang lain dengan kemungkinan yang disarankannya.

Komunitas eksperimental di Inggris dan luar negeri dimulai oleh Robert Owen dan mereka yang terinspirasi oleh ide-idenya.

Karena Owen sendiri telah mengabaikan konsep-konsep agama tradisional, memeriksa dan menemukan bahwa mereka semua masih muda, gerakannya secara sadar sekuler.

Ini berfokus pada kapasitas manusia untuk melakukan perubahan dan membawa dunia yang lebih baik, tanpa mengacu pada dewa: filosofi yang jelas humanis.

Emma Martin (1812-1851) adalah dosen dan bidan Owenite. Bagi para penganutnya, Owenisme mewakili perjuangan menuju 'kesetaraan sempurna dan kebebasan sempurna', yang berarti kesetaraan antara jenis kelamin juga.

Ini adalah aspek yang sangat radikal dari gerakan pada masanya, dan menarik sejumlah pembicara wanita yang menjadi menonjol di sirkuit Owenite, seperti Emma Martin dan Margaret Chappellsmith.

Yang lain bahkan mendirikan komunitas yang diilhami Owen, seperti dalam kasus Frances Wright, seorang pemikir bebas dan abolisionis yang mencoba menerapkan nilai-nilai ini dalam Komunitas Nashoba eksperimentalnya.

Baca Juga: Biografi Robert Owen: Bapak Sosialisme Inggris

Pemukiman Owenite lainnya termasuk New Harmony, Indiana (1825-7); Orbiston, Skotlandia (1825-7); Manea Fen, Cambridgeshire (1838-41); dan Queenwood, Hampshire (1839).

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover