Saran Reformasi Anies Terkait Pembiayaan Kegiatan Parpol Mutlak Harus Dilakukan

Saran Reformasi Anies Terkait Pembiayaan Kegiatan Parpol Mutlak Harus Dilakukan Kredit Foto: Taufik Idharudin

Mantan Sekretaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Muhammad Said Didu mengklaim saran reformasi bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan terkait pembiayaan kegiatan partai politik (parpol) mutlak harus dilakukan.

Pasalnya jika reformasi pembiayaan kegiatan parpol dilakukan sesuai saran Anies Baswedan, maka akan didapatkan 4 manfaat yang sangat besar, salah satunya titik awal dalam penghentian korupsi.

Baca Juga: Terjawab Kenapa Gibran dan Kaesang Hijrah dari Bisnis ke Politik

"Hal ini mutlak harus dilakukan agar: 1) kekuasaan bebas dari cukong, 2) penguasa tidak lagi lahir dari hasil sponsor pemilik uang atau pemilik uang," ucap Said Didu.

"3) sebagai titik awal menghentikan korupsi, 4) menghentikan penguasa memperdagangkan kebijakan kepada pengusaha," sambungnya dikutip populis.id dari akun X pribadinya, Rabu (25/10).

Sebelumnya, dalam forum ekonomi bersama Amerika Serikat, bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengatakan reformasi pembiayaan kegiatan partai politik di Indonesia perlu ada.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai permbiayaan untuk partai politik harus seimbang, agar program-program dapar berjalan dengan baik serta tidak mengganggu APBN hingga APBD.

"Reformasi terkait pada pembiayaan kegiatan politik itu yang perlu jadi agenda reformasi. Karena kita mengetahui parpol itu harus dibiayai untuk bisa berjalan," kata dia, di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Selasa (24/10/2023) dikutip dari TV One News.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover