Pernyataan Anies Dinilai Mengandung Tuduhan Semua ASN Korupsi

Pernyataan Anies Dinilai Mengandung Tuduhan Semua ASN Korupsi Kredit Foto: Raisan Al Farisi

Politikus Ferdinand Hutahaean menanggapi pernyataan bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan yang menyebut rendahnya gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi salah satu penyebab korupsi di Indonesia.

Berdasarkan penilaiannya, Ferdinand merasa pernyataan Anies Baswedan mengandung tuduhan bahwa semua ASN seperti melakukan tindakan korupsi karena mempunyai gaji yang rendah.

Baca Juga: 4 Efek Dahsyat Reformasi Pembiayaan Kegiatan Parpol dari Saran Anies

"Pernyataan ini menurutku mengandung tuduhan seolah semua ASN Korupsi. Apakah ini artinya Anies menuduh?" ucap politikus PDIP itu dikutip populis.id dari akun X pribadinya, Kamis (26/10).

Sebelumnya, bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengungkapkan bahwa salah satu penyebab terjadinya korupsi di Indonesia adalah rendahnya gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dengan gaji para abdi negara yang rendah, mereka kesulitan untuk bertahan hidup.

Anies menegaskan salah satu prioritasnya jika menduduki posisi kepala negara adalah memberantas korupsi, dan sekarang menurutnya KPK masih mengurusi permasalahan korupsi yang besar.

“Ada tiga alasan kenapa korupsi terjadi, pertama karena kebutuhan. Banyak pegawai pemerintah (atau PNS) yang gaji per bulannya sangat rendah sehingga mereka tidak bisa bertahan,” kata Anies dalam US-Indonesia Investment Summit di Hotel Mandarin Oriental, Selasa (24/10) dikutip dari Kumparan.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover