Warta Ekonomi Libatkan Sejumlah Pembicara Ahli dalam Acara Indonesia PR Top Leader Awards 2023, Termasuk Menkominfo

Warta Ekonomi Libatkan Sejumlah Pembicara Ahli dalam Acara Indonesia PR Top Leader Awards 2023, Termasuk Menkominfo Kredit Foto: Warta Ekonomi

Warta Ekonomi menghelat acara Indonesia PR Top Leader Awards 2023 yang bertema “Communication Transformation for Better Business Performance.” Acara yang diorganisasi oleh Quadrant1 Komunika tersebut diadakan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada Kamis (9/11/2023). Apa saja pembahasannya?

Acara Indonesia PR Top Leader Awards 2023 melibatkan pembicara-pembicara ahli di bidang kehumasan dan public relations (PR), serta menteri terkait. Dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) Budi Arie Setiadi, Plt Deputi IV Komunikasi Politik Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy N. Tuturoong, Staf Khusus dan Juru Bicara Kementerian Investasi RI Tina Talisa, Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto, Founder & CEO LSPR Institute of Communication Prita Kemal Gani, Founder & CEO Communications and Social Impact Advisor – VMCS Advisory Indonesia Elvera N. Makki dan Juru Bicara Menteri Kelautan dan Perikanan RI Wahyu Muryadi. 

Baca Juga: Helat Indonesia Best Philanthropy Award 2023, Warta Ekonomi Libatkan Sejumlah Perusahaan Ternama

Acara ini juga turut mengundang perwakilan dewan juri Ketua Umum APPRI sekaligus Asesor Profesi Kehumasan BNSP, Jojo S. Nugroho dan CEO sekaligus Chief Editor Warta Ekonomi Muhamad Ihsan. 

CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Muhamad Ihsan memaparkan alasan hadirnya acara penghargaan Indonesia PR Top Leader Awards 2023, yakni dunia media dengan PR saling berkaitan. Ia menambahkan, hadirnya media sosial dan teknologi membuat relasi tersebut semakin dinamis. 

“Public relation merupakan sorotan utama dan memiliki tantangan adaptasi tersendiri dan dunia kampanye public relation terus berubah dan selalu menyesuaikan,” ujar Ihsan saat memaparkan presentasi pembukanya di acara Indonesia PR Top Leader Awards 2023 di Jakarta, Kamis (9/11/2023). 

Dalam pemaparannya, Ihsan menjelaskan bahwa kehumasan atau PR dapat membuat transformasi komunikasi untuk performa bisnis lebih baik. Karena itu, efektivitas PR dapat diupayakan dari publisitas tertentu, hubungan masyarakat, dan kegiatan lainnya. Transformasi komunikasi secara modern tersebut dapat meningkatkan komunikasi intensif hingga mendukung akselerasi seluruh bisnis. 

Selain itu, Ihsan juga memaparkan metodologi penelitian yang digunakan untuk pemberian penghargaan Indonesia PR Top Leader Awards 2023. Mewakili tim riset Warta Ekonomi, Ihsan menjelaskan tiga metode yang digunakan, yakni metode desk research yang menggunakan laporan tahunan publikasi dan laporan keuangan perusahaan, metode media monitoring melalui media sosial atau main source yang digunakan, serta metode expert panels yang melibatkan kurasi dari para juri. 

Hasilnya, kehumasan atau PR dapat menggunakan strategi pemasaran digital atau digital marketing, dimulai dari melaukan riset, menganalisis bisnis internet, membangun jejaring, melakukan implementasi, melakukan pengukuran, dan mengelola hasilnya. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) Budi Arie Setiadi juga menyinggung soal pentingnya humas atau PR untuk responsif dan adaptif terhadap tantangan zaman. Menurutnya, disrupsi teknologi menghadirkan ruang sekaligus tantangan yang perlu diantisipasi bersama. Ia pun mengambil contoh kasus ketika pemasaran media sosial dan perencanaan basis data media yang diadopsi perusahaan PR merupakan salah satu bentuk disrupsi untuk merencanakan pelaksanaan dan pengelolaan strategi komunikasi. 

“… kemampuan teknologi dalam PR perlu digunakan dengan aman dan bertanggung jawab, khususnya berkaitan dengan keamanan data, etika penggunaan teknologi, serta kredibilitas kerja PR,” ujar Budi. 

“Agile dan adaptif adalah dua kata kunci bagi praktisi kehumasan di era digital ini,” imbuh Budi. Budi pun membagikan tiga tips untuk PR dalam menghadapi tantangan masa depan. Pertama, meningkatkan kehadiran digital baik di mesin pencari atau media sosial. Kedua, meningkatkan pemahaman tentang kecerdasan buatan (AI) baik itu dari segi dampak, etika, dan penggunaan. Ketiga tetap menyertakan sentuhan manusia melalui kreativitas, inovasi dan kemampuan beradaptasi. 

Lebih lanjut, Budi Arie mengatakan praktisi humas dan  corporate secretary perlu siap menghadapi distrupsi tantangan karena memiliki fungsi penting bagi lembaga atau perusahaan.

"Kehumasan memiliki peran penting untuk menjaga reputasi perusahaan, yang erat kaitannya dengan kepercayaan dan kesadaran masyarakat terhadap perusahaan. Sedangkan corporate secretary, bertanggung jawab terhadap good corporate governance serta relasi perusahaan dengan beragam stakeholders," tuturnya.

Ia pun mendorong praktisi humas dan corporate secretary merespons dengan bijak pergeseran pola pola komunikasi dari tradisional yang berorientasi pada stakeholders, menjadi pola komunikasi modern berorientasi pada komunitas.

"Tentunya secara praktik dapat dilakukan dengan antara lain, tetap terinformasi dengan tren dan perkembangan industri, proaktif dalam mengidentifikasi dan menangani potensi masalah, serta selalu bersiap menyesuaikan rencana sesuai kebutuhan," tuturnya.

Plt Deputi IV Komunikasi Politik Diseminasi Informasi KSP Wandy N. Tuturoong yang mewakili KSP Republik Indonesia Moeldoko, membacakan pidato yang dibuat Moeldoko yang senada dengan pembicara sebelumnya, yakni corporate secretary dan PR memainkan peran penting untuk membentuk masa depan bisnis yang lebih baik. Meski keduanya merupakan elemen penting untuk menjembatani komunikasi antara perusahaan, pemangku kepentingan, dengan masyarakat, tetapi mereka juga harus dapat membantu membangun kepercayaan, mengatasi isu sensitif, dam menciptakan lingkungan kondisional bagi usaha. 

“Dalam hal ini, tentu peran corporate secretary dan public relations berperan dalam mempersiapkan strategi perusahaan untuk menjaga keunggulan kompetitif dan pengelolaan resiko serta melakukan komunikasi yang efektif untuk menghadapi tantangan di era modern yang penuh dengan risiko dan perubahan,” ujar Wandy. 

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover